Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Serunya Berpetualang dalam Dunia Cloud Computing!

Dalam era digital yang semakin kompleks, teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Dengan kemajuan teknologi, kita dapat mengakses berbagai layanan dan aplikasi yang memudahkan kita dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu teknologi yang sangat populer dan digunakan secara luas adalah cloud computing. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu Cloud Computing, bagaimana cara kerjanya, dan manfaat apa yang dapat diperoleh dari teknologi ini.

Mengenal Cloud Computing (Komputasi Awan)

Cloud computing adalah konsep komputasi berbasis internet. Jadi, dengan cloud computing, Anda bisa melakukan pekerjaan layaknya menggunakan komputer seperti menyimpan, mengakses, dan mengolah data dengan mudah.  Dalam cloud computing, infrastruktur, seperti server, penyimpanan data, jaringan, perangkat lunak, dan layanan lainnya disediakan kepada pengguna secara online. Pengguna dapat mengakses sumber daya ini sesuai kebutuhan mereka, dengan membayar ataupun secara gratis untuk penggunaan yang sebenarnya. Tak hanya untuk penggunaan umum, komputasi cloud juga bisa digunakan secara khusus oleh perusahaan dan organisasi untuk kebutuhan internal. Misalnya, untuk menyimpan dan mengolah data perusahaan yang biasanya mengandalkan sebuah data center, baik dikelola sendiri atau menyewa dari layanan pihak ketiga. Dengan demikian, model ini memberikan fleksibilitas dan efisiensi bagi pengguna untuk memanfaatkan sumber daya komputasi tanpa harus memiliki infrastruktur fisik sendiri.

Cara Kerja Cloud Computing

Cloud computing dibagi menjadi dua bagian, yaitu front-end dan back-end. Kedua bagian tersebut saling terhubung menggunakan jaringan internet dan bekerja sama memberikan fungsi tertentu. Front-end dapat diibaratkan sebagai user dan back-end adalah bagian dari sistem cloud. Front-end adalah tampilan situs atau aplikasi layanan cloud yang bisa diakses oleh user. Terdapat banyak aplikasi atau platform yang dapat digunakan untuk mengakses cloud. Namun, tidak semua sistem cloud computing harus memiliki user interface yang sama. 

Sementara itu, di bagian back-end terdapat komputer, server, dan sistem penyimpanan data yang membentuk cloud. Sistem cloud computing dapat berupa program komputer, pemrosesan data, dan jenis file lainnya. Biasanya setiap aplikasi pasti memiliki dedicated server masing-masing. Dengan melakukan penyimpanan secara virtual, tidak akan ada penambahan memori secara berkelanjutan.

Kelebihan Cloud Computing

Keuntungan dari jenis sistem ini adalah jika Anda mengalami kendala dalam konfigurasi perangkat, penyedia layanan cloud akan menanganinya untuk Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk perawatan sistem. Dalam model SaaS(System as a Service), penyedia layanan memiliki peran untuk memelihara dan mengelola hardware, aplikasi, situs, dan infrastruktur sebuah sistem. Selain itu, jenis cloud ini juga bertanggung jawab untuk menyediakan pembaruan dan pemeliharaan keamanan untuk user. Pengguna hanya perlu membayar biaya berlangganan untuk mengakses aplikasi dan layanan. Mereka juga dapat memilih untuk menyesuaikan layanan yang mereka butuhkan.

Kekurangan Cloud Computing 

  • Ketergantungan pada koneksi internet: Cloud Computing membutuhkan koneksi internet yang andal untuk mengakses sumber daya. Jika koneksi internet terputus, pengguna mungkin tidak dapat mengakses data atau aplikasi mereka. 
  • Kerahasiaan Data: Dalam Cloud Computing, data pengguna disimpan di server yang dikelola oleh penyedia layanan. Penyedia layanan tersebut memiliki tanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data yang tersimpan di sebuah jaringan.

Jenis Cloud Computing

Cloud computing dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Public Cloud: Public cloud dapat diakses oleh siapa saja dan tidak membutuhkan biaya, kamu bisa menggunakan semua fitur dan layanannya asalkan terdapat jaringan internet. Contoh public cloud, di antaranya seperti Instagram, Facebook, Youtube, Gmail, dan masih banyak lagi.
  2. Private Cloud: Jenis ini biasanya digunakan di sebuah organisasi atau perusahaan yang membutuhkan tingkat keamanan data yang lebih tinggi. Itulah mengapa disebut private karena hanya dapat diakses oleh orang-orang yang tergabung dalam organisasi tersebut.
  3. Community Cloud: Jenis ini hampir sama dengan private cloud. Hanya saja, community cloud dapat diakses oleh pihak luar yang masih memiliki hubungan dengan institusi terkait. Selain itu, jaringan dalam community cloud juga dapat dibuka untuk akses publik.

Manfaat Cloud Computing

Cloud computing memiliki banyak manfaat, seperti irit biaya, meningkatkan produktivitas, kecepatan, efisiensi, performa, dan keamanan. Maka itu, tak heran banyak perusahaan atau orang-orang yang menggunakan cloud untuk menyimpan data. Itulah beberapa manfaat utama dari cloud computing yang telah membawa transformasi besar dalam cara perusahaan mengelola dan mengakses teknologi informasi. 

Referensi: 

Banten, P. J. (n.d.). Artikel – Mengenal Cloud Computing (Komputasi Awan) – situs | PT. Penjaminan Kredit Daerah Banten. Artikel – Mengenal Cloud Computing (Komputasi Awan) – situs  | PT. Penjaminan Kredit Daerah Banten. https://jamkridabanten.co.id/articles/2023/06/mengenal-cloud-computing-komputasi-awan

Anendya, A. (2024, February 7). Mengenal Cloud Computing: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya. Blog Dewaweb. https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-cloud-computing/

Apa itu Cloud Computing? Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Contohnya — Link Net. (n.d.). Apa Itu Cloud Computing? Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, Dan Contohnya — Link Net. https://www.linknet.id/article/cloud-computing

Idcloud, & Idcloud. (2023, October 26). Mengenal Cloud Computing: Pengertian, Tipe, dan Fungsinya. Indonesian Cloud – 100% Lokal | Multi Cloud Provider Indonesia | Berbasis cloud computing Indonesian Cloud. Kebutuhan teknologi untuk bisnis Anda, mulai dari (IaaS), Cyber Security hingga solusi bisnis (SaaS). https://indonesiancloud.com/mengenal-cloud-computing/ 

Nayoan, A. (2022, December 12). Cloud Computing: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya. Niagahoster Blog. https://www.niagahoster.co.id/blog/cloud-computing-adalah/ 

Mohammad Rakan Nawwaf - 2702372744