Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pemanfaatan Game sebagai Sarana Pembelajaran Budaya Indonesia

Foto: Game-based Learning Marbel Budaya Nusantara

Indonesia adalah salah satu negara dengan kepulauan terbesar di seluruh dunia dengan total 17.508 pulau dan lebih dari 360 etnis suku. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman budaya dan tradisi turun-temurun. Indonesia juga memiliki beragam pemandangan alam yang sangat indah dilengkapi dengan berbagai kuliner yang lezat. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, budaya Indonesia semakin dilupakan. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan game sebagai salah satu cara untuk mempelajari budaya Indonesia terutama bagi generasi – generasi muda.

Pembelajaran berbasis game merupakan salah satu cara untuk membuat pembelajaran lebih efektif karena dapat meningkatkan keterlibatan pengguna terhadap game yang sedang dimainkan. Dengan menggunakan metode play-based learning, kita dapat ber-interaksi secara langsung dengan gamenya sehingga pengguna dapat lebih memahami materi yang telah disampaikan di game. Pembelajaran berbasis game dapat berbentuk simulasi dimana pengguna harus menyelesaikan misi untuk maju ke level berikutnya. Semakin tinggi levelnya, semakin tinggi tingkat kesulitannya, dan tingkat pemahaman budaya akan meningkat. Contoh penerapan basis game sebagai alat pembelajaran budaya adalah Marbel Budaya Nusantara yang dapat diunduh dari Play Store ke ponsel pengguna. Marbel Budaya Nusantara adalah permainan yang dikembangkan oleh Educa Studio. Dalam permainan tersebut, Anda bisa belajar tentang budaya nusantara, seperti tarian daerah, alat musik tradisional, pakaian daerah, rumah adat, makanan daerah, dan lain-lain.

Pada pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa metode basis game dapat dimanfaatkan di masa sekarang ini sebagai sarana untuk mempelajari budaya Indonesia. Selain lebih menarik dan tidak membosankan, terutama bagi generasi-generasi muda, metode basis game juga dapat meningkatkan daya serap pemahaman budaya penggunanya karena adanya keterlibatan secara langsung antara pengguna dengan game-nya. Selain game yang disebutkan sebagai contoh di atas, masih ada banyak lagi game lainnya dan juga penggunaan pendekatan yang berbeda dari setiap game selain melalui simulasi seperti contoh di atas.

 

Sumber Gambar:

https://www.gamelab.id/news/71-game-based-learning-untuk-mengenalkan-warisan-budaya-nusantara

Referensi:

Natalia