Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Media Sosial Sebagai Jembatan Melestarikan Budaya Indonesia

Foto: cewekbanget.grid.id

Zaman sekarang, masyarakat Indonesia sudah sangat terbiasa dengan adanya social media. Social media juga sangat mempermudah setiap orang untuk menemukan dan membagikan informasi kepada banyak orang. Melestarikan budaya Indonesia juga tentunya akan lebih mudah jika menggunakan social media.

Salah satu contohnya adalah melestarikan kain batik yang digerakkan oleh generasi muda pada awal tahun 2021. Trend ini bernama #BerkainBersama Challenge yang diawali dengan postingan video TikTok dari Arawinda Kirana (@arawindak) yang memperlihatkan style menggunakan kain dengan modifikasi gaya anak muda sehingga terlihat stylish. Kemudian trend ini juga ikut diramaikan oleh penyanyi Indonesia yaitu Nadin Amizah dengan meng-upload foto di akun Instagramnya yang memadupadankan kain batik dengan cardigan yang berwarna senada. Serta trend ini banyak diramaikan oleh content creator TikTok lainnya.

Dengan diikuti oleh banyak celebrity dan influencer pada akun social media mereka, akan lebih mudah menggerakkan generasi muda lainnya agar menggunakan kain batik untuk fashion keseharian mereka.

Kesimpulannya, upaya melestarikan kain batik sebagai budaya Indonesia ini cukup efektif dilakukan di berbagai platform social media. Maka sebagai generasi muda, gunakanlah social media untuk hal positif seperti melestarikan budaya Indonesia.

References:

#BerkainBersama, karena batik nggak harus untuk acara formal. Retrieved 17 April 2021, from https://www.ussfeed.com/berkainbersama-styling-guide-untuk-kain-batik/

Trend Review: Viral #BerkainBersama Challenge, Gaya Pakai Kain Asli Indonesia Saat Nongkrong. (2021). Retrieved 17 April 2021, from https://today.line.me/id/v2/article/B58E0j

Devina Humaira