Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Kontribusi TikTok Sebagai Platform dalam Menyebarluaskan Budaya Indonesia

Pada saat ini, hampir seluruh dunia merasakan banyak sekali perubahan dalam kehidupannya akibat keberadaan Virus Covid-19. Salah satunya yaitu Indonesia, yang kondisinya mulai mengkhawatirkan masyarakat, karena akhir akhir ini kasus Covid di Indonesia sedang meningkat. Akibatnya, berbagai aspek mulai dari ekonomi, social, hingga budaya terkena dampaknya. Keberadaan dan eksistensi budaya di Indonesia saat ini jarang diperhatikan karena dianggap kurang krusial. Padahal faktanya, budaya Indonesia dapat membantu menyalurkan energi positif yang dapat meningkatkan dan memperkuat rasa cinta terhadap negara Indonesia sendiri.

Hampir satu tahun lebih, waktu demi waktu pada akhirnya pemerintah mulai mencari berbagai cara untuk dapat tetap melestarikan budaya nusantara di Indonesia. Apapun ancaman dan rintangannya, keberadaan budaya nusantara harus tetap dapat diperhatikan dan dipertaruhkan. Dengan begitu, adanya kontribusi generasi milenial dengan memanfaatkan platform TikTok menjadikan salah satu kesempatan melestarikan budaya Indonesia. Banyak sekali ditemukan para creator (sebutan untuk seseorang yang mem-posting video di Tiktok) asal Indonesia yang memperlihatkan dan memperkenalkan budaya Indonesia, salah satunya adalah dengan menunjukkan salah satu tarian Indonesia seperti gambar di bawah ini.

Sumber : TikTok (@jonatanama)

Selain memperlihatkan keragaman budaya Indonesia melalui kreasi tari seperti gambar di atas, masih banyak sekali budaya di Indonesia yang sebenarnya dapat dianggap sebagai sebuah identitas bangsa. Salah satunya yaitu sejarah mengenai perjalanan nusantara hingga Bersatu dalam satu kesatuan, yaitu bangsa Indonesia. Hal tersebut seringkali dituangkan dan dikemas dalam bentuk sebuah cerita sejarah yang sangat menarik perhatian banyak masyarakat. Hal itu pun dilakukan oleh banyak generasi milenial saat ini yang mengungkap cerita sejarah Indonesia, seperti di bawah ini.

Sumber : TikTok (@kalanjaka)

Hal di atas membuktikan bahwa kepekaan yang dimiliki setiap masyarakat masih terlihat jelas akibat adanya kesadaran yang tertanam dalam diri sendiri. Melalui platform TikTok, representasi kemajuan teknologi saat ini ternyata berdampak baik pada masyarakat. Banyak ilmu yang didapat melalui platform tersebut. Pada akhirnya keberadaan teknologi yang semakin berkembang pesat ini telah memberikan kontribusi terhadap kemajuan nusantara, salah satunya adalah budaya yang harus dilestarikan khususnya pada masa pandemi saat ini.

Referensi :

Hidayat, F. (2020, September Kamis). TikTok Jadi Wadah Kreativitas Masyarakat Indonesia. Retrieved  Senin 5 Juni 2021, from BERITASATU:

https://www.beritasatu.com/digital/677415/tiktok-jadi-wadah-kreativitas-masyarakat-indonesia

Kesya, L. (2021, April Senin). Peran “TikTok” dalam Membangun Budaya Indonesia. Retrieved Minggu 11 Juni 2021, from Kompasiana:

https://www.kompasiana.com/laurakesyaa/606b34c28ede487d497d4d22/peran-tiktok-dalam-membangun-budaya-indonesia

Marini, R. (2019). iiPENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOKTERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 1 GUNUNG SUGIH KAB. LAMPUNG TENGAH. 36 – 40.

Putri Maharani