Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Project Manager atau Product Manager, mana yang harus dipilih?

Photo by Leon on Unsplash

Banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan project manager dan product manager. Bahkan beberapa orang mengira kedua profesi ini hal yang sama karena terlihat serupa. Padahal, kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui apa sih yang membedakan project manager dan product manager,  mana yang harus kita pilih?

Project manager dan product manager memang sering bekerja sama, namun mereka memiliki tanggung jawab atau tugas yang berbeda. Seorang product manager akan bertanggung jawab atas produk perusahaan. Sedangkan project manager bertanggung jawab atas proses pembuatan suatu produk atau proyek.

Seorang product manager harus memikirkan pengembangan produk, desain, ide, performa atau kualitas dari suatu produk, maupun memastikan produk akan memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain kemampuan manajemen suatu produk, menjadi product manager membutuhkan keahlian riset maupun membaca pasar karena product manager harus bisa memahami kebutuhan  konsumen dan juga membuat strategi pasar. Secara umum, product manager memiliki beberapa tugas seperti hal berikut:

  • Membaca metrik kesuksesan suatu produk
  • Menguji maupun memantau fitur atau inovasi baru di suatu produk
  • Melakukan riset pasar maupun pesaing untuk meningkatkan pengembangan produk.
  • Mengawasi kualitas suatu produk
  • Menjadi jembatan kebutuhan konsumen dengan tim produk

Jika product manager berfokus bagaimana meningkatkan suatu produk berdasarkan kebutuhan konsumen, project manager yang harus memikirkan bagaimana proses produk dari awal hingga akhir. Seorang project manager bertanggung jawab untuk merencanakan proyek mulai dari tim, mengelola anggaran, menyusun jadwal, dan yang akan berhubungan dengan petinggi. Menjadi seorang project manager membutuhkan kemampuan kepemimpinan yang bagus karena nantinya project manager yang akan memberikan strategi suatu proyek, keputusan yang harus diambil, maupun memberikan solusi dari permasalahan yang ada. Secara umum project manager memiliki tugas seperti hal berikut:

  • Menentukan tujuan dari proyek, jadwal, dan perkiraan anggaran
  • Menjaga tim agar dapat berkolaborasi dengan baik
  • Memastikan proyek berjalan sesuai jadwal yang sudah ditentukan
  • Menjadi jembatan tim proyek dan para pemangku kepentingan
  • Membuat proses jalannya suatu proyek

Dari penjelasan di atas dapat dilihat perbedaan jelas dari project manager dan product manager. Berdasarkan fokus, product manager berfokus pada produk tersebut dari awal hingga selesai, sedangkan project manager berfokus pada bagaimana proses pembuatan produk itu dari jadwal maupun anggaran.  Dalam industri kedua profesi ini sama-sama banyak dibutuhkan dan memiliki prospek yang besar.

Referensi:

https://www.coursera.org/articles/product-manager-vs-project-manager

https://www.projectmanager.com/blog/project-manager-job-description

https://www.koombea.com/blog/the-difference-between-product-and-project-management/