Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pentingnya Media Sosial terhadap Perkembangan Kecerdasan Budaya Masyarakat

Budaya merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang yang bersifat diwariskan dari generasi ke generasi. Seperti yang kita ketahui, negara Indonesia adalah negara kepulauan yang luas dan terdiri atas beranekaragam budaya. Banyaknya budaya yang ada di Indonesia ini menjadikan kecerdasan budaya menjadi hal yang sangat penting bagi perkembangan bangsa dan negara.

Kecerdasan budaya adalah kemampuan seseorang dalam memahami, berpikir, dan berperilaku dalam situasi yang menunjukkan adanya perbedaan antar budaya. Hal ini berarti, kita dapat mengukur tingkat toleransi seseorang menggunakan kecerdasan budayanya. Semakin tinggi kecerdasan budayanya, maka akan semakin tinggi pula rasa toleransi yang dimiliki. Kecerdasan budaya seseorang juga dipengaruhi oleh lingkungan di sekitarnya, salah satunya adalah informasi-informasi yang tersebar dalam media sosial.

Penggunaan media sosial untuk informasional seseorang dapat mempengaruhi kecerdasan budayanya. Konten yang ada pada media sosial akan berpengaruh khusus terhadap kecerdasan budaya seseorang. Hal ini berarti isi konten yang memiliki esensi negatif dapat secara tidak langsung memberikan pemahaman yang negatif pula. Maka dari itu, media sosial merupakan pengaruh yang sangat penting terhadap kecerdasan budaya masyarakat.

Konten budaya yang ada pada media sosial diharapkan dapat memberikan esensi yang positif bagi kecerdasan budaya seseorang. Namun, tidak dapat dihindari juga bahwa sebuah konten dapat memberikan dampak negatif terhadap kecerdasan budaya seseorang. Maka dari itu, penting untuk mengurangi dampak negatif yang dapat terjadi, dengan cara menginventori informasi terkait budaya yang akurat dan tepat, sehingga pengakses media sosial dapat memperoleh informasi yang tepat dan sesuai, yang juga menghasilkan hubungan masyarakat yang didasarkan atas dasar toleransi.

Referensi :

https://bppk.kemenkeu.go.id/content/berita/balai-diklat-keuangan-malang-empat-faktor-kecerdasan-budaya–untuk-meningkatkan-keterampilan-interpersonal-2019-11-05-a85cab97/

https://klc.kemenkeu.go.id/kecerdasan-budaya-cultural-intelligence/

https://kumparan.com/ventaridha02/pengaruh-media-sosial-terhadap-kecerdasan-budaya-masyarakat-1usOuJsxcio/full

Tresia Khasina