Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

IMMERSION 2021: Innovation Brings Change

IMMERSION merupakan salah satu program kerja tahunan gabungan HIMSISFO dan HIMKA yang diadakan untuk benchmarking atau study tour ke luar negeri. IMMERSION tahun ini memiliki dua tujuan destinasi utama, yaitu Singapura dan Malaysia, tetapi karena keterbatasan keadaan IMMERSION diadakan secara online melalui Zoom meeting selama tiga hari, mulai dari hari Senin, 8 November 2021 sampai dengan hari Rabu, 10 November 2021. Tema yang diangkat pada acara IMMERSION ini adalah ‘Innovation Brings Change’ yang memiliki makna dengan mengikuti IMMERSION, peserta dapat terus berinovasi terutama dalam bidang Business IT untuk membawa perubahan yang berarti di masa yang akan datang.

 

 

 

 

 

Pada hari pertama, acara IMMERSION dibuka oleh master of ceremony, yaitu James Malik Aitken dari HIMSISFO dan Aisha Freena dari HIMKA, lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari perwakilan jurusan School of Information System, yaitu Bapak Sugiarto Hartono, S.Kom., MMSI. selaku Deputy Head of Information Systems – Student and Alumni, kemudian dilanjutkan oleh Shanta Haresh Keswani selaku Ketua Umum HIMSISFO 2021/2022 serta Dhia Fairistha selaku Ketua Umum HIMKA 2021/2022, dan kata sambutan yang terakhir datang dari Sayima Irfani selaku Project Manager IMMERSION 2021. Setelah kata sambutan, acara IMMERSION dilanjutkan dengan sesi webinar yang dibawakan oleh Dr. Norizan dari Universiti Teknologi MARA Shah Alam Malaysia dengan mengusung topik Technology Trends and Underlying Technologies yang membahas mengenai teknologi yang akan marak digunakan dalam waktu dekat.

 

 

 

 

 

 

 

Pada hari kedua, IMMERSION 2021 memiliki tiga sesi dengan beberapa narasumber yang berbeda. Sesi pertama, diisi oleh PINTU (Pelajar Indonesia NTU Singapura) yang membawakan sesi sharing mengenai metode pembelajaran di NTU, baik dari segi kurikulum maupun teknisnya, sampai kehidupan sehari-hari mereka selama menjadi mahasiswa di Singapura. Sesi kedua diisi dengan webinar yang dibawakan oleh perwakilan Oracle Singapore, Mr. Francis Han selaku Senior Director of Oracle Solution Center JAPAC (Japan and Asia Pacific). Francis Han memberikan materi webinar mengenai Smart City: Making Our Cities Smart, Resilient, and Sustainable. Sesi terakhir ditutup dengan workshop yang diisi oleh Mr. Muhammad Shuja, Principal Cloud Solution Engineer Oracle Corporations, Malaysia. Workshop ini mengusung tema Graph Analytics for Beginners: Oracle Graph Analytics yang berisi penjelasan mengenai grafik analitik menggunakan graph studio Oracle.

 

 

 

 

 

 

 

Pada hari ketiga yang merupakan hari terakhir sekaligus penutupan, IMMERSION terbagi menjadi dua sesi yang berbeda, yaitu sesi sharing dengan Alumni dan sesi Virtual Tour Exhibition. Sesi pertama, merupakan sesi sharing pengalaman oleh Kak Bilhan Thener perwakilan alumni HIMKA yang sekarang tinggal di luar negeri, tepatnya di New Zealand. Bilhan Thener berbagi pengalamannya selama ia kuliah dan bekerja di New Zealand serta tips & trik bagi mahasiswa yang tertarik untuk overseas. Sesi kedua, diisi oleh Bank Negara Malaysia, Museum and Art Gallery yang membawakan dua virtual exhibition tour dari museumnya. Virtual Exhition yang pertama memiliki tema For the Nation: 60 Years of Central Banking. Virtual tour ini menjelaskan mengenai sejarah dan kontribusi dari Bank Negara Malaysia sebagai bank pusat. Lalu dilanjut dengan virtual exhibition yang kedua dengan tema Works on Metal: Art Inside the Wallet. Acara IMMERSION ditutup dengan bermain kahoot bersama peserta menutupi acara dari hari pertama sampai hari ketiga dan diambil tiga pemenang dengan skor tertinggi.