Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

PKM 2021: GROWTECH (Growing Up with Technology)



Pada hari Kamis hingga Sabtu, 1 – 3 Juli 2021, HIMSISFO menyelenggarakan sebuah event berjudul GROWTECH (Growing Up with Technology). Acara ini merupakan acara yang dilaksanakan dalam rangka menjalankan salah satu program yang dirancang oleh Universitas Bina Nusantara yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara daring. GROWTECH diselenggarakan untuk menambah wawasan dalam bidang Sistem Informasi bagi para pelajar, khususnya pelajar pada tingkat SMA dan setaranya serta pelajar yang akan menempuh pendidikan pada tingkat perguruan tinggi. GROWTECH dirancang dalam bentuk webinar selama tiga hari dengan berbagai judul webinar yang menarik dalam lingkup Sistem Informasi.

 

Pada hari pertama, GROWTECH dibuka dengan sambutan dari perwakilan DPI HIMSISFO, Muhammad Adam Rafliansyah, dan dilanjutkan oleh Project Manager PKM, Nina Friskila. Dilakukan juga ice breaking berupa games Kahoot dengan total sepuluh pertanyaan. Sesi selanjutnya adalah webinar dengan tema Find Your Passion in Information System yang dibawakan oleh Ibu Marisa Karsen, S.Kom., M.M, Information System Lecturer BINUS University. Dalam materinya, beliau memberikan insight mengenai jurusan Sistem Informasi beserta bidang-bidang yang ada di dalamnya. Beliau juga menjelaskan tentang peran penting Sistem Informasi di era revolusi industri 4.0, karakter mahasiswa yang diperlukan pada jurusan Sistem Informasi, prospek kerja lulusan Sistem Informasi, tantangan yang akan dihadapi saat masuk ke jurusan Sistem informasi, serta profesi dan karir lulusan Sistem Informasi. Sesi tanya jawab pun dibuka setelah penyampaian materi berakhir. Para peserta terlihat sangat antusias untuk bertanya seputar materi yang telah dibawakan oleh Ibu Marisa.

Tidak kalah menarik, hari kedua GROWTECH berjudul Improving Academic Productivity Using Online Tools yang dibawakan oleh Kak Theresa Karyn Wijaya, UX Enthusiast. Acara hari ke-2 dibuka dengan sambutan dari MC kemudian dilanjutkan dengan perkenalan secara singkat mengenai online tools sebelum masuk ke dalam materi pokok tentang online tools yang dibawakan oleh pembicara. Pada materinya, Kak Karyn memperkenalkan serta memberikan tutorial dalam menggunakan berbagai online tools  (Notion, Duplichecker, Onlinedoctranslator, Grammarly, Draw.io) yang dapat menunjang proses pembelajaran serta meningkatkan kreativitas kepada peserta seminar. Hal ini ditujukan agar para peserta dapat meningkatkan produktivitas belajar mereka menjadi lebih efektif dan efisien. Sesi tanya jawab juga dilakukan setelah Kak Karyn memberikan penjelasan tentang online tools yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan para peserta yang masih penasaran terhadap materi yang dibawakan. Terlebih lagi, diadakan juga games Kahoot untuk melakukan review materi yang telah dibawakan oleh Kak Karyn. Acara hari kedua akhirnya ditutup dengan sesi dokumentasi.

Sampailah pada penghujung acara GROWTECH, 3 Juli 2021, dengan judul The Perks of Being a UX Specialist yang dibawakan oleh Kak Trivena Alfa Newlyna, UX Research Lead at LinkAja. Pada materinya, Kak Vena menjelaskan mengenai salah satu profesi lulusan jurusan Sistem Informasi yaitu sebagai UX Researcher. Pada kegiatan ini pembicara melakukan sharing session mengenai pekerjaannya di perusahaan Link Aja, tantangan dalam menjalani profesinya, manfaat yang didapatkan selama bekerja sebagai UX Researcher, dan skills yang perlu dikuasai dalam bidang UX Research. Untuk meningkatkan pemahaman peserta, dilakukan sesi tanya jawab setelah berakhirnya pemberian materi oleh Kak Vena. Tidak lupa, games Kahoot juga dilakukan untuk memperdalam materi terkait User Experience. Serangkaian acara GROWTECH telah dilaksanakan dengan baik selama tiga hari, dengan demikian acara hari ke-3 ditutup dengan pembagian hadiah kepada tiga peserta yang aktif selama tiga sesi, dilanjutkan dengan sambutan penutup oleh Project Manager, Nina Friskila, dan diakhiri dengan sesi dokumentasi untuk terakhir kalinya.