Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Peran Sosial Media dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Usaha Kecil

                Perkembangan media sosial semakin hari semakin pesat hingga tidak terlepaskan dari kehidupan sehari – hari manusia. Berdasarkan riset data yang dihimpun oleh We Are Social pada Januari 2021, pengguna media sosial di Indonesia telah mencapai 170 juta orang dari 274,9 juta penduduk, yang berarti sekitar 61,8% penduduk Indonesia telah menggunakan media sosial. Saat ini, media sosial tidak hanya digunakan untuk berteman dan berjejaring sosial saja, tetapi juga bisa digunakan untuk meningkatkan peluang suksesnya bisnis. Bahkan saat ini, terdapat platform media sosial yang telah memberi fitur khusus untuk bisnis, seperti Facebook dan Instagram. Manfaat media sosial untuk bisnis tidaklah hanya untuk meningkatkan penjualan, namun juga dapat digunakan untuk menganalisis pasar, konsumen, hingga untuk meningkatkan brand awareness.

      Berbicara mengenai brand awareness, tahukah kamu seberapa pentingnya brand awareness terhadap sebuah bisnis/usaha? Brand awareness sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali maupun mengingat sebuah merek (brand). Jadi tentunya brand awareness sangatlah penting untuk pelaku usaha agar usahanya dapat dikenal oleh banyak orang. Terlebih lagi di masa pandemi seperti ini, banyak sekali pelaku usaha yang terpaksa menutup usahanya karena brand-nya tidak dikenal atau tidak dilirik oleh orang – orang. Maka dari itu, sangatlah penting untuk para pelaku usaha mengetahui cara untuk meningkatkan brand awareness. Namun, bagaimana caranya? Tentunya di era saat ini kita dapat memanfaatkan media sosial.

        Penggunaan media sosial merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Meningkatkan brand awareness menggunakan media sosial tidak membutuhkan biaya yang besar, bahkan bisa gratis. Berikut ini lima strategi yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan brand awareness brand-mu:

  1. Pilih Platform Media Sosial yang Tepat untuk digunakan

Saat ini platform media sosial sangatlah banyak. Untuk meningkatkan brand awareness, kamu tidak perlu menggunakan semua platform media sosial. Kamu cukup memilih satu platform media sosial sesuai dengan target pelanggan kamu. Jika target kamu merupakan anak muda, kamu bisa menggunakan model bisnis B2C (business to customer), seperti Instagram.

  1. Membuat konten yang menarik

Dengan media sosial, kamu bisa membagikan konten yang berisikan informasi menarik terkait bisnismu. Dengan konten yang menarik, kamu bisa menarik orang untuk mencari tahu apa produk/jasa yang ditawarkan brand-mu

  1. Bekerjasama dengan influencer

Kamu juga bisa mempromosikan brand-mu dengan bekerja sama dengan influencer sehingga brand-mu bisa semakin dikenal oleh banyak orang.

  1. Optimalkan Akun Sosial Media Kamu

Akun media sosial yang lengkap akan membuat banyak orang mengenal bisnis/usaha kamu. Kamu bisa membuat profil akun sosial media-mu dengan logo yang mudah di ingat, dan memberikan deskripsi singkat mengenai akun sosial media-mu.

  1. Mengadakan Giveaway

Pengadaan giveaway melalui media sosial dapat menarik klien menjadi pelanggan baru kamu. Kamu bisa mengadakan giveaway pada waktu tertentu, seperti hari penting nasional. Tapi jangan lupa untuk memberikan persyaratan dan hadiah menarik kepada peserta yang mengikuti giveaway.

Sumber Referensi:

 

Viollen Vierrini