Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Manfaat Sistem Informasi Bagi Produk Lokal

Sistem informasi merupakan gabungan antara ilmu teknologi informasi dengan manajemen bisnis. Dengan sistem informasi kita bisa menggabungkan antara aktivitas manusia dan penggunaan teknologi. Tentunya hal tersebut ada hubungannya dengan terciptanya interaksi manusia, data, informasi, maupun teknologi. Karena dari sisi sistem informasi itu sendiri memiliki tujuan untuk bisa menghasilkan sebuah produk yang berisikan kumpulan informasi.

Pada abad ke-21 ini teknologi sudah sangat maju. Pada tahun 2021, ada 212,35 juta masyarakat indonesia yang menghabiskan waktunya untuk bermain ponsel. Jumlah tersebut membuat Indonesia berada di urutan ke-3 dengan pengguna internet terbanyak di Asia. Pada abad ke-21 ini juga sudah mulai banyak berkembangnya produk lokal. Banyak masyarakat Indonesia yang sudah memulai usahanya dengan menggunakan  teknologi tersebut sebagai wadah untuk memasarkan dan menjual produk-produk yang mereka buat. Karena mereka berpikir dengan teknologi yang sudah maju ini bisa menjangkau konsumen secara lebih meluas, lebih personal, dan lebih membutuhkan anggaran yang sedikit.

Dengan adanya sistem informasi masyarakat Indonesia menggunakan peluangnya untuk membuat produk-produk lokal. Karena sistem informasi sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas produk-produk lokal. Sudah banyak sekali masyarakat Indonesia yang tertarik bahkan memakai produk lokal untuk kegiatan sehari-harinya. Mulai dari produk tas, sandal, sepatu, maupun skincare. Yang lagi ramai akhir-akhir ini adalah produk baju Erigo. Erigo memanfaatkannya dengan sangat baik. Dimulai dari tahun 2017-an Erigo sudah memulai usahanya dengan sistem online, yang membuat pelanggannya (masyarakat Indonesia) menjadi mudah dalam menjangkaunya. Apalagi Erigo yang mulanya hanya berbasis website, kini mereka telah merilis aplikasi mobile. Menurut Sadad, dengan adanya aplikasi di smartphone akan memudahkan untuk membeli produk-produk Erigo yang pelanggan mau. Namun untuk sementara ini aplikasi baru tersedia di Play Store. Sadad juga berkata bahwa “Mulai dari aplikasi messenger, aplikasi situs perdagangan, aplikasi jejaring sosial, jasa pengiriman barang, perbankan, sampai aplikasi peta, semua menunjang aktivitas bisnis online.”

Produk-produk lokal tersebut sudah beredar banyak di luar negara Indonesia berkat adanya sistem informasi.  Mereka menggunakannya dengan sangat baik, seperti untuk mengembangkan bisnis mereka. Berkat sistem informasi juga  produk lokal yang masyarakat Indonesia buat justru membuat warga negara asing mengetahui adanya negara indonesia, dan mengakui bahwa ternyata produk yang negara Indonesia ini ciptakan tidak kalah menarik dan bagusnya dengan produk Eropa atau produk negara mereka sendiri.

Dampak dengan adanya produk lokal yang sudah dikenal dan didistribusikan ke luar negara Indonesia juga bisa membantu mendongkrak ekonomi nasional, namun tentunya kita masyarakat Indonesia perlu memanfaatkan secara optimal pasar dan teknologi yang sudah ada tersebut. Dengan demikian, peran sistem informasi sangatlah mempunyai dampak positif bagi produk lokal, karena bisa membawa nama negara Indonesia ke negara asing bahkan bisa mendongkrak ekonomi nasional.

Referensi:

  1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia#:~:text=Berdasarkan%20data%20internetworldstats%2C%20pengguna%20internet,pengguna%20internet%20terbanyak%20di%20Asia.&text=Total%20pengguna%20internet%20di%20Asia,populasi%204%2C33%20miliar%20jiwa.
  2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/33106/beri-ruang-lebih-bagi-peningkatan-kualitas-produk-produk-lokal/0/berita
Tanaya Pia Labitta