Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

HIMSISFO Birthday Party PETCAH (A Pleasure to Thrive and Create Harmony)

Pada tanggal 13 Mei 2018, HIMSISFO merayakan ulang tahunnya yang ke-14. Dalam rangka memeriahkan acara ulang tahun ini, HIMSISFO mengadakan suatu event yang diberi nama PETCAH. PETCAH merupakan singkatan dari A Pleasure To Thrive and Create Harmony. Acara ini diselenggarakan bukan hanya untuk memeriahkan acara ulang tahun HIMSISFO, tetapi juga memperingati bagaimana HIMSISFO dapat mempertahankan keharmonisan antar anggotanya selama 14 tahun. HIMSISFO juga membentuk event ini dengan harapan bahwa anggota HIMSISFO ke depannya dapat terus menjaga hubungan antaranggotanya.

Tema yang diambil untuk event ini adalah Garden Party dengan konsep partisipan yang diharuskan datang berpasangan. Konsep ini dibuat dengan tujuan mempererat hubungan antaranggota. Karena diangkatnya tema garden party ini, panitia-panitia dari acara ini setuju bahwa event akan diselenggarakan di venue outdoor.

Acara perayaan ulang tahun ini diadakan pada tanggal 13 Mei 2018, sangat bertepatan dengan ulang tahun HIMSISFO, dan diadakan di Rumah Makan Saung Merdesa, Pamulang. Proses dekorasi yang di lakukan oleh panitia dimulai sejak pagi. Proses dekorasi tempat berlangsung cukup lama, memakan waktu sekitar lima jam.

Event PETCAH ini dimulai pada pukul 5 sore. Dapat terlihat partisipan mulai berdatangan dengan pasangannya masing-masing dan mengisi buku tamu. Setelah mengisi buku tamu, partisipan yang sudah datang dengan pasangannya dipersilahkan untuk masuk ke area photobooth untuk berfoto. Selain berfoto dengan pasangannya, partisipan diperbolehkan untuk berfoto dengan teman-temannya. Sembari menunggu partisipan lain yang datang, partisipan yang ingin sholat terlebih dahulu dipersiapkan untuk sholat.

Setelah sesi photobooth pertama selesai, partisipan dihimbau untuk segera masuk ke area di mana acara utama akan dilaksanakan. Acara PETCAH ini dibuka dengan sambutan oleh Project Manager, Ketua Umum HIMSISFO, Badan Penasihat, Head of Information System, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Dean of Information System. Kemudian, untuk membangkitkan suasana, panitia menyusun penampilan dari Komisi 1.

Acara dilanjutkan dengan waktu makan. Partisipan telah disiapkan hidangan secara prasmanan, sebagian dari partisipan yang duduk di pendopo dan bercanda tawa dengan kawan lamanya. Sebagian yang lainnya duduk di kursi yang telah disiapkan, juga sembari mengobrol dengan teman-temannya. Pada sesi makan mala, area photobooth kembali dibuka. Setelah menyelesaikan hidangannya, partisipan kembali mengantre untuk berfoto.

Acara berlanjut dengan diadakannya penampilan dari komisi 2 dan game yang diberi nama One Heart. Permainan ini dimainkan oleh beberapa pasangan yang di bawah kursinya terdapat post-it berwarna pink. Partisipan yang terpilih maju ke atas panggung untuk bermain. Dalam permainan ini, masing-masing pasangan harus menyamakan gerakan mereka dengan kata yang tertera pada slide. Jika sama, partisipan dapat melanjutkan permainan ke babak selanjutnya. Jika berbeda, partisipan dinyatakan kalah dan harus menerima hukuman yaitu dance couple.

Setelah usainya permainan yang melibatkan pasangan ini, acara dilanjutkan dengan penampilan dari komisi 3 yang membawakan lagu dari Secondhand Serenade. Mendekati acara puncak, panitia telah menyiapkan video perkomisi yang ditampilkan setelah penampilan dari komisi 3 selesai. Raut muka partisipan terlihat senang dan penuh senyuman.

Di sinilah puncak acara dari event PETCAH. Panitia membagikan lilin kepada seluruh partisipan, beberapa lampu dimatikan dan kue ulang tahun HIMSISFO dikeluarkan. Partisipan meniup lilin bersama-sama dan dilanjutkan dengan acara potong kue.

Sampai lah di penghujung acara. Di akhir acara ini, agar tetap memeriahkan suasana, panitia mengadakan awards ceremony dengan berbagai nominasi mulai dari Best Project Manager, Best Logo, Best T-Shirt, Best Couple, dan Best Dress untuk perempuan dan laki-laki.

Setelah acara ditutup oleh MC, masing-masing komisi diminta untuk berkumpul dan berfoto bersama-sama. Acara pada hari itu berjalan dengan lancar. Dengan bertambah umurnya organisasi ini, semoga HIMSISFO dapat terus  maju dan menjadi organisasi yang lebih baik lagi untuk ke depannya.