Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

System Documentation : ERD (Entity Relationship Diagram)

Halo guys, kali ini kita bakal ngebahas salah satu bentuk system documentation yaitu Entity Relationship Diagram atau biasa ddisebut dengan ERD. ERD ini merupakan diagram yang menggambarkan entity relationship model yang merupakan gabungan konsep attribute, entity, dan relationship antar entity. ERD biasanya dihubungkan dengan table database relasional. Dalam ERD, kita bakal menggunakan symbol persegi panjang untuk menggambarkan entity, dan panah untuk menggambarkan relationship antar entity atau biasa juga disebut dengan asosiasi. Di dalam suatu entity terdapat atribut di dalamnya. Atribut yang berada dalam entity ini berupa karakteristik dari entity itu sendiri.

Untuk membuat ERD, kita bisa melakukan langkah – langkah di bawah ini :

  • Menyusun narasi keterangan umum dari kegiatan operasional organisasi termasuk proses bisnis, kebijakan bisnis dan aturan bisnis yang ditetapkan.
  • Menggambarkan ERD dengan mengidentifikasi entitas internal dan eksternal dan hubungan di antara mereka berdasarkan penejalsana dalam narasi
  • Review atau peninjauan oleh masing-masing bidang organisasi yang memiki kegiatan oprasional tersebut, kesesuaian dengan dan proses bisnis.
  • Melakukan modifikasi atau perbaikan yang diperlukan untuk agar semua komponen entitas baru yang mempunyai hubungan ditemukan.

Keempat langkah di atas harus diulang sampai analist dan pengguna setuju bahwa ERD yang dibuat telah mewakili hubungan dan aturan yang mengatur entitas-entitas organisasi. Dengan melakukan system documentation yang tepat, kita dapat melihat hubungan antara beberapa bentuk yang berbeda dari system documentation seperti dari ERD, DFD, Flowchart, dll. System Documentation ini memainkan peran penting dalam organisasi, karena berperan sebagai memori organisasi tentang bagaimana sistem ini dirancang dan dioperasikan, dan memainkan peran penting dalam proses pengembangan sistem.

Sekian pembahasan mengenai Entity Relationship Diagram (ERD), semoga bermanfaat ya. 🙂

Source : Considine, Brett at all. (2012). Accounting Information Systems – Understanding business processes. 04. Wiley. New York. ISBN: 978-0-7303-0247-6.