Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pemanfaatan teknologi dalam pengembangan dan pelestarian Budaya Indonesia

Keterangan: Salah satu website yang memberikan informasi tentang kebudayaan Indonesia yang secara tidak langsung juga dapat melestarikan dan mewariskan budaya Indonesia.

Sumber: http://artikelnuha.blogspot.com/2015/12/jurnal-sistem-informasi-geografis-ragam.html

Teknologi telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan kita sehari-hari dan telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Tentu itu karena perkembangan Ilmu Pengetahuan yang berdasarkan data dan informasi. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Era Industri 4.0 telah membawa banyak sekali teknologi yang memudahkan kita dalam melakukan segala sesuatu termasuk mencari informasi dan pengetahuan.

Hal ini tentu menjadi kesempatan bagi Indonesia dalam mengembangkan  dan melestarikan Kebudayaan Indonesia dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Tentu sudah tidak sedikit lagi individu ataupun organisasi yang memanfaatkan teknologi untuk mengenalkan dan mengembangkan budaya-budaya Indonesia seperti menggunakan sosial media dalam berbagi informasi dan pengetahuan tentang budaya di Indonesia ataupun membuat sebuah komunitas-komunitas online untuk sama-sama melestarikan budaya di Indonesia. Misalnya seperti akun Instagram Komunitashistoria dan cagarbudaya.id.

Melalui pendekatan dan pemanfaatan teknologi, kita bisa mampu melestarikan dan mengembangkan budaya-budaya di Indonesia dengan memberikan wawasan dan pengetahuan kepada orang banyak tentang kebudayaan yang ada di Indonesia. Lalu apakah dengan sosial media saja cukup? Perlu kita ketahui bahwa teknologi saat ini memungkinkan kita untuk melakukan segala hal dengan menggunakan website ataupun aplikasi berbasis mobile. Kita juga bisa memanfaatkan platform yang ada untuk menciptakan sebuah aplikasi ataupun website yang dapat mengedukasikan orang banyak tentang kebudayaan di Indonesia. Contohnya seperti Traveloka yang juga menyediakan informasi-informasi tetang wisata, budaya, ataupun tradisi yang ada di Indonesia

Hal ini serupa dengan harapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam melestarikan dan mewariskan budaya-budaya di Indonesia. Karena dengan demikian, kita bisa mampu membawa Kebudayaan Indonesia siap dalam menghadapi perubahan zaman. Mari kita lestarikan Kebudayaan Indonesia dari sekarang dengan hal sekecil apapun yang kita mampu berkontribusi dalam pengembangan dan pelestarian ini.

Endrew Rudiyono