Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

History of Google

Sumber Gambar : https://storage.googleapis.com/gweb-uniblog-publish-prod/static/blog/images/google-200×200.7714256da16f.png.

Hai teman-teman! Kali ini kita akan membahas tentang sejarah lahirnya Google. Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Di saat sedang menikmati kunjungan akhir pekannya, Larry Page yang merupakan mahasiswa Ph.D di Universitas Stanford ini bertemu dengan Sergey Brin yang waktu itu menemani Larry berkeliling.  Karena pendapat dan pandangan yang berbeda mereka sering sekali terlibat diskusi bahkan beredebat yang cukup panjang dalam pertemuan mereka ini.

Dan ternyata, dari perbedaan inilah yang kemudian pikiran kedua mahasiswa ini dapat menyatu dan menghasilkan solusi atau bisa dikatakan menghasilkan sebuah pendekatan yang cukup unik dalam penyelesaian sebuah masalah yang telah menjadi tantangan utama yang ada dalam dunia internet yakni bagaimana data dari set data masif itu bisa diperoleh kembali.

Kemudian setelah itu di bulan januari 1996, Sergey Brin dan Larry Page bertemu kembali untuk mewujudkan kolaborasi mereka dan juga untuk mewujudkan impian mereka dengan membuat sebuah search engine yang kemudian dinamakan BackRub. BackRub inilah yang merupakan cikal bakal dari Google yang kita kenal sekarang. Setahun kemudian BackRub yang dibuat melalui sebuah pendekatan unik mengenai analisis jaringan kemudian mulai mengangkat pamor keduanya yaitu Sergey Brin dan Larry Page.

Berita ini kemudian menyebar luas keseluruh penjuru kampus tentang teknik baru mesin pencari Larry Page dan Sergey Brin. Sepanjang tahun 1998 Teknologi yang dikenal dengan nama google sekarang ini terus-menerus disempurnakan oleh keduanya. Kemudian mereka mulai untuk mencari investor yang mau mendanai proyek mereka agar proyek mereka bisa berkembang.

Inilah yang menjadi dilema bagi  Larry dan Sergey sebab Sergey dan Larry belum mendirikan perusahaan bernama Google pada waktu itu masih hanya sebatas penamaan saja mereka tidak mungkin bisa mencairkan cek tersebut dikarenakan Google belum bersifat perusahaan yang legal.

Larry Page dan Sergey Brin kemudian memutar otak kembali dengan berusaha secara keras mencari investor yang mau menanamkan modal untuk proyek mereka. Dari teman, keluarga hingga sejawat mereka akhirnya bisa terkumpul modal sebesar 1 juta dollar. Dimana kemudian pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 7 desember akhirnya Google resmi didirikan di Menlo Park, sebuah kawasan di bagian California, negara Amerika Serikat.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : http://www.penemu.co/penemu-google-larry-page-dan-sergey-brin/.

Deyandra Ardani