Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Teknologi menjadi peran penting dalam bisnis kuliner? Berikut alasannya

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun bertumbuh dengan cepat. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan angka pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 sebanyak 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu. Perkembangan teknologi berdampak pada semua aspek kehidupan tidak terkecuali pada dunia kuliner. Kuliner nusantara merupakan kuliner tradisional yang di mana kekayaan budaya sebuah negara yang tidak dimiliki oleh negara – negara lain.

Perkembangan tersebut merupakan suatu hal yang tidak bisa kita hindari. Dengan kehadiran teknologi, sudah banyak platform yang menyediakan layanan pesan makanan lewat online seperti Gofood, Grabfood, dan lain-lain. Banyak sekali kuliner asal mancanegara yang masuk ke Indonesia seperti tacos, pizza, dan lain-lain. Namun eksistensi kuliner dalam negeri tidak kalah dengan kuliner mancanegara seperti rendang, gulai belacan, dan lain-lain. Kuliner di Indonesia terutama kuliner nusantara semakin berkembang dengan adanya perkembangan teknologi, sehingga tidak kalah saing dengan kuliner pada zaman sekarang yang ‘kekinian’. Dengan tetap mempertahankan cita rasanya, namun cara penjualannya harus menerapkan cara modern seperti menggunakan platform pada layanan pesan makanan.

Kehadiran teknologi tentunya membawa perubahan baik dalam hal efisiensi bisnis dalam aspek kuliner, karena penggunaan teknologi ini memudahkan masyarakat untuk menjual dan membeli makanan serta minuman melalui aplikasi. Bagi pembeli, kita tidak perlu pergi keluar untuk membeli makanan karena sudah tersedia beberapa aplikasi yang menawarkan jasa mengantarkan makanan. Bagi penjual, dengan adanya aplikasi pemesanan membuat promosi usahanya menjadi lebih mudah. Pemilik bisnis mendaftarkan bisnisnya di aplikasi pengantar makanan dan menunggu pesananan muncul di aplikasi. Namun dengan adanya teknologi seperti ini persaingan akan semakin ketat. Setiap hari bermunculan bisnis-bisnis kuliner baru yang menjadi saingan bisnis Anda. Untuk itu harus melakukan inovasi terhadap makanan yang dijual agar bisnis tetap laris.

Teknologi juga dapat meningkatkan kualitas dalam pelayanan dan pengalaman pelanggan pada restoran. Seperti aplikasi yang dapat memesan meja beserta menu yang akan dipesan dan bayar sebelum datang ke restoran Anda. Teknologi dapat memberikan pengalaman baru sehingga mereka akan menyebarkan informasi pengalaman mereka dan akhirnya restoran anda dapat dikenal oleh masyarakat.

Referensi :

https://www.republika.co.id/berita/q1g8g8414/dua-cara-teknologi-pengaruhi-bisnis-makanan-dan-minuman

https://www.sonora.id/read/421869709/besarnya-peluang-bisnis-dengan-manfaatkan-kekayaan-kuliner-nusantara?page=2

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta#:~:text=KOMPAS.com%20%2D%20Pengguna%20internet%20di,adalah%20274%2C9%20juta%20jiwa.

Muhammad Wafi Vydrio