Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Bagaimana Social Computing Bermanfaat bagi Perusahaan

Manusia adalah makhluk sosial yang butuh untuk saling berinteraksi dengan satu sama lain. Biasanya perilaku manusia bercermin pada lingkungan sosialnya, maka dari itu keputusan yang mereka buat juga pada umumnya sangat rentan pada pengaruh lingkungannya dalam konteks sosial. Untuk mencapai sebuah tujuan utama dalam bisnis, yaitu untuk mendapatkan imbalan secara nilai ekonomi dengan cara memproduksi ataupun menjual barang yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan mengeluarkan usaha atau modal dengan sekecil mungkin, dibutuhkan sebuah cara yang ampuh. Digunakanlah sebuah cara yaitu Social Computing dimana ilmu teknologi informasi digabungkan dengan perilaku sosial masyarakat.

Social Computing membuat semua orang mendapatkan akses terhadap informasi yang terbuat dari kegiatan sosial di internet. Informasi disini bisa tersaji secara langsung seperti review terhadap sebuah film yang seseorang tuliskan melalui website Rotten Tomatoes atau informasi disini juga bisa tersaji secara tidak langsung kepada penggunanya, yaitu seperti algoritma PageRank yang digunakan oleh Google dalam menentukan urutan hasil pencarian. 

Penggunaan Social Computing dilakukan oleh perusahaan-perusahaan masa kini dengan beragam cara guna mencapai tujuan utama mereka. Dan cara mereka ini bisa dipecah menjadi 4 kategori, yang pertama adalah Social Computing in Business : Shopping, Social Shopping ini ialah metode e-commerce yang memenuhi semua aspek social networks dan memfokuskan mereka ke ranah pembelanjaan atau shopping. Dengan Social Shopping, para pembeli dapat berinteraksi dengan satu sama lain berdasarkan kesamaan selera, lokasi, umur, jenis kelamin, dan atribut lainnya. Selain Social Shopping, ada juga Social Computing in Business: Marketing. Marketing sendiri ialah proses membangun hubungan dengan customers untuk mendapatkan sebuah nilai lebih dengan cara memberikan nilai kepada para customers itu sendiri. Ada beberapa cara bagi para perusahaan dalam mengoptimalkan Social Computing dalam ranah Marketing, yang pertama Social advertising yang terbagi menjadi 2 kategori: social ads (iklan yang diletakkan oleh perusahaan pada social media) social apps (aplikasi online yang dibentuk oleh perusahaan sebagai media interaksi dengan para pengguna, seperti Nike+) dan yang kedua adalah melakukan Market Research dengan menggunakan jaringan sosial seperti dengan menggunakan Facebook, Twitter atau LinkedIn. Social Computing juga bermanfaat bagi perusahaan dalam ranah Customer Relationship Management. Pada era globalisasi ini, customers jadi sangat diberdayakan seperti dengan adanya berbagai cara bagi para pengguna untuk melontarkan komentar, perusahaan jadi lebih memperhatikan keberadaan komentar negatif yang dibuat pelanggan terhadap layanan mereka. Penggunaan Social Computing terakhir adalah Social Computing in Business: Human Resource Management dimana divisi HR dari perusahaan akan menggunakan aplikasi Social Computing untuk memenuhi kebutuhan HR perusahaan (Rekrutmen, Orientasi, dan Perkembangan Karyawan).

Social Computing memiliki banyak keuntungan tak hanya bagi perusahaan yang menggunakannya saja, tetapi customers yang menggunakannya juga ikut mendapatkan keuntungan. Bagi customer, Social Computing dapat memberikan mereka kesempatan untuk memublikasikan keluhan mereka terhadap suatu layanan perusahaan maka vendor juga akan meresponnya dengan lebih cepat dan baik. Selain itu, customer juga dapat saling membantu apabila menemukan kesulitan. Terakhir, keinginan para customer juga dapat lebih cepat direalisasikan oleh perusahaan. Bagi perusahaan, social computing membantu mereka lebih mengerti customer-nya lebih jauh dan lebih cepat. Perusahaan juga dapat mengadakan test terhadap produk/ide baru mereka dengan cepat dan terjangkau. Terakhir, dengan Social Computing, perusahaan juga dapat memiliki kenaikan dalam penjualan apabila mendapatkan respon yang positif dari para pengguna yang mendiskusikannya pada sebuah ruang jejaring sosial yang sekaligus menjadi poin baru yaitu viral marketing. Maka dari itu, Social Computing adalah wadah yang sangat beneficial bagi para perusahaan dan cukup mudah untuk diimplementasikan dalam bisnis mereka sehari-hari.

 

References : 

Abdiel Adelard Riva