Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pengaplikasian Transformasi Digital di Lingkup Pekerjaan

Pada era ini, teknologi telah menjadi sebuah komponen penting bagi keberlangsungan manusia, di mana salah satu penerapan teknologi pada era ini ialah transformasi digital. Transformasi digital adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam semua bidang bisnis. Oleh karena itu, penerapan transformasi digital sangatlah dibutuhkan untuk keberlangsungan sebuah industri, terutama di bidang pekerjaan. Namun, apakah yang menjadi dampak dari mengaplikasikan transformasi digital ke dalam lingkup pekerjaan?

Ketika membahas mengenai pengaplikasian transformasi digital di lingkungan pekerjaan, salah satu dampaknya adalah mengubah dan meningkatkan efisiensi. Transformasi digital membantu meningkatkan produktivitas para pekerja dengan memberikan layanan digital, seperti cloud computing yang dapat membantu sebuah pekerjaan di bidang penyimpanan data. Cloud computing dapat dengan mudah mengintegrasikan data-data di dalam satu perusahaan sehingga membantu para pekerja dalam pencarian data untuk pekerjaan mereka.  Dengan demikian, penerapan cloud computing dalam transformasi digital tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga memfasilitasi kolaborasi yang lebih baik dan inovasi di lingkungan kerja.

Pengaplikasian transformasi digital juga dapat membantu sebuah perusahaan dalam keberlangsungan bisnisnya, seperti mencari informasi untuk membuat keputusan. Pengaplikasian teknologi, seperti Business Intelligence, dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan pengetahuan dari data-data mentah yang nantinya dapat mereka gunakan dalam membuat sebuah keputusan. Selain itu, pengaplikasian transformasi digital dapat membantu dalam pencarian solusi di bidang pekerjaan yang membutuhkan kreativitas, terutama dalam pemecahan masalah. Penggunaan artificial intelligence, seperti ChatGPT, dapat membantu para pekerja dalam mencari sebuah solusi yang dapat mereka pertimbangkan ketika hendak membuat sebuah keputusan.

Namun, transformasi digital tidak hanya memberikan dampak yang positif, tetapi juga dampak negatif. Dengan menerapkan transformasi digital ke dalam sebuah perusahaan, akan ada banyak pesaing yang ingin mendapatkan informasi dari perusahaan tersebut. Hal ini mengakibatkan praktik hacking dilakukan untuk mengambil data-data penting dari sebuah perusahaan. Selain itu, dengan adanya transformasi digital, banyak posisi pekerjaan menjadi tidak lagi dibutuhkan karena sudah digantikan oleh kecerdasan buatan, dimana hal tersebut menimbulkan dampak buruk, seperti PHK dan berujung pada pengangguran. Untuk menanggulangi permasalahan ini, perusahaan harus dapat mencari solusi dalam menjaga keamanan dan mempertanggungjawabkan sumber daya manusia mereka.

Sebagai kesimpulan, transformasi digital tentunya memberikan dampak yang besar bagi lingkungan pekerjaan. Namun, kita juga harus dapat memahami dampak yang diberikannya dalam kehidupan kita sebagai pekerja. Pengaplikasian transformasi digital dapat memudahkan pekerjaan kita, tetapi jangan sampai kita, sebagai manusia, menjadi ketergantungan atau bahkan tergantikan olehnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap mengembangkan keterampilan manusiawi dan adaptasi diri dalam menghadapi perubahan yang berkelanjutan di era transformasi digital.

Referensi:

Kansil, V. (2023, May 9). Transformasi digital dalam dunia kerja. Executive Education. https://bbs.binus.ac.id/exed/2023/05/09/transformasi-digital-dalam-dunia-kerja/  

 

Team, P. B. (n.d.). What is business intelligence? https://powerbi.microsoft.com/en-us/what-is-business-intelligence/

 

Felice. (2024, January 15). Inilah Dampak Positif Negatif Teknologi yang Perlu Kamu Ketahui. Best Seller Gramedia. https://www.gramedia.com/best-seller/dampak-positif-negatif-teknologi/  

 

Apa itu Transformasi Digital? – Penjelasan tentang Transformasi Digital – AWS. (n.d.). Amazon Web Services, Inc. https://aws.amazon.com/id/what-is/digital-transformation/#:~:text=Transformasi%20digital%20adalah%20proses%20yang,organisasi%20memberikan%20nilai%20kepada%20pelanggan.  

Jonathan Erwin Pangaribuan - 2702335143