Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

COMPUTERUN 2.0 : LET’S EXECUTE, LET’S INNOVATE!

COMPUTERUN merupakan salah satu program kerja tahunan gabungan antara HIMSISFO dan HIMTI yang diadakan untuk mendukung kemajuan teknologi sebagai wadah untuk mengembangkan potensi mahasiswa secara luas. Untuk pertama kalinya, tahun ini COMPUTERUN 2.0 diselenggarakan dalam skala International melalui online Zoom meeting mulai dari 21 November 2021 Opening Ceremony dan berakhir pada 9 Januari 2022 Closing Ceremony. Tema yang diangkat pada event COMPUTERUN 2.0 ini adalah ‘EXECUTE’ Experience Business Creativity Through Technology dengan tujuan utama untuk menjadi wadah pendukung para mahasiswa mengembangkan potensi, serta menjadi tempat mendapatkan wawasan baru terkait dunia bisnis dan teknologi yang ke depannya diharapkan dapat berinovasi memanfaatkan wawasan tersebut untuk suatu gerakan yang dapat bermanfaat dalam lingkup hingga international.

Pertama, event COMPUTERUN 2.0 dibuka oleh MC, yaitu Rizqi Karnadi dan Jessica Marline. Sambutan-sambutan yang diberikan dari perwakilan jurusan School of Information Systems, yaitu Bapak Dr. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI. Dilanjutkan sambutan dari perwakilan jurusan School of Computer Science, yaitu Dr. Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom. Selain itu, terdapat sambutan dari ketua himpunan jurusan mahasiswa HIMSISFO, Shanta Haresh Keswani dan ketua himpunan jurusan mahasiswa HIMTI, William Yulio. Serta, sambutan dari Project Manager event COMPUTERUN 2.0, yaitu Chalista Gladys. Di Opening Ceremony COMPUTERUN 2.0, panitia juga memberikan informasi penting terkait rangkaian acara kedepan dan hal-hal apa saja yang bisa diikuti oleh para participant.

Kedua, rangkaian acara COMPUTERUN 2.0 adalah webinar yang diselenggarakan dua kali dengan dua tema berbeda. Webinar pertama, dengan tema “UI/UX Design Implementation in Building a Digital Business” kami mengundang  Alif Ghibran Imawan selaku Product Designer di Ruangguru sebagai pembicara. Dalam webinar ini topik yang dibahas adalah UI/UX. Selanjutnya, untuk webinar kedua dengan tema “Unfolding The Post Pandemic Strategy in Managing a Startup” kami mengundang Noor Afifah Huwaidah selaku Lead Product Manager di PINHOME sebagai pembicara. Dalam webinar ini topik yang dibahas adalah Creativepreneur.

Ketiga, rangkaian acara COMPUTERUN 2.0 selanjutnya adalah workshop dengan tema “Increasing User’s Satisfaction Based on User Habits” yang diselenggarakan selama dua hari dengan pembicara Jevan Jovandy selaku UX Designer di DANA. Tujuan diadakannya workshop ini adalah peserta akan menghasilkan satu prototype simple dengan satu flow fitur yang berjalan, serta peserta akan mengerti basic, foundation & principle dari UI/UX design.

Keempat, salah satu rangkaian inti dari COMPUTERUN 2.0 adalah Business IT Case Competition dan Web Design Competition. Kompetisi ini dijalankan oleh peserta dengan tim yang terdiri dari 3 orang/tim, melalui tahap pengumpulan proposal lalu berakhir pada Top 5 Final Presentation.

Selain itu, COMPUTERUN 2.0 juga menyelenggarakan salah satu rangkaian acara baru, yaitu Virtual Run. Virtual Run di sini participant diberikan waktu periode berlari selama dua minggu yang dapat digunakan untuk mengumpulkan kilometer sebanyak-banyaknya. Runners yang berhasil berlari minimal 5km akan mendapatkan finisher pack dan runners dengan jumlah kilometer tertinggi akan memenangkan sejumlah hadiah dari COMPUTERUN 2.0.

Closing Ceremony COMPUTERUN 2.0 pada 9 Januari 2022 yang dipandu oleh Adriel dan Samson, semua pemenang dari Business IT Case dan Web Design Competition diumumkan secara online Zoom meeting.  Pemenang dari masing-masing kompetisi terdiri dari pemenang juara pertama, kedua, dan ketiga. Selain itu, diumumkan juga pemenang dari Virtual Run dengan juara pertama, kedua, dan ketiga. Serta, penampilan dari Jumena Dance yang merepresentasikan Indonesia melalui tarian tradisional yang dimodifikasi dengan tarian modern. COMPUTERUN 2.0 berhasil diselenggarakan meskipun masih berjalan secara online. Semoga akan lebih banyak kejutan baru pada pelaksanaan COMPUTERUN tahun-tahun berikutnya.

See you next year, Fellas!