Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

James Gosling

Image Source : https://image.slidesharecdn.com/jamesgoslingqa-101130115517-phpapp01/95/pics-from-james-gosling-on-apple-apache-google-oracle-and-the-future-of-java-4-638.jpg?cb=1422625590

Hai teman-teman! Kali ini kita akan membahas tentang pencipta Java Programming Languange. Apakah teman-teman sudah pada tahu siapa pencipta Java Programming Languange? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

James Arthur Gosling lahir di Near Calgary, Alberta, Canada, 19 Mei 1955. Dia berhasil membuat sebuah bahasa pemrograman Java. Beliau juga merupakan seorang ilmuwan di bidang komputer. Sejak di bangku SMU, ia lebih sering menhabiskan wktu belajarnya di laboratorium komputer ketimbang masuk ke kelasnya. Setelah lulus SMU dia melanjutkan kuliah di bidang yang sesuai dengan minatnya, Ilmu Komputer dan berhasil menerima gelar B.Sc dalam bidang Ilmu Komputer dari Universitas Calgary pada tahun 1977.

Sambil menyelesaikan gelar doctornya, pria kebangsaan Kanada ini menulis sebuah versi Emacs (GOSMACS), yang kelak nantinya bakal banyak digunakan pada sistem operasi berbasis Unix. Pada tahun 1983, Gelar Ph.D beliau raih setelah berhasil mempertahankan tesisnya yang berjudul “The Algebaric Manipulation of Constraints”. Ia juga sempat membangun sebuah multi prosessor versi Unix serta beberapa compiler dan sistem mail sebelum bergabung dengan Sun Microsystems.

Beliau bergabung dengan Sun Microsystems dari tahun 1984 hingga 2010. Selama di perusahaan tersebut, beliau dikenal sebagai Bapak dari pemrograman Java, karena beliau berhasil membuat bahasa pemrograman tersebut pada tahun 1994.

James Gosling membuat desain asli Java dan mengimplementasikan compiler asli bahasa dan mesin virtual. Beliau mulai mengembangkannya, ketika menciptakan sebuah pseudo-code (p-code) mesin virtual untuk lab komputer DEC VAX, sehingga profesor bisa menjalankan program yang ditulis dalam UCSD Pascal. Kemudian pascal dikompilasi ke p-code sehingga membuatnya lebih mudah dan dapat dibawa kemana saja. Inspirasi mengenai Java ini datang saat James berada di Sun, ia melihat bahwa pelaksanaan arsitektur-netral untuk program didistribusikan secara luas dapat dicapai dengan menerapkan filosofi yang sama: “always program for the same virtual machine”.

April 2010, James memutuskan untuk meninggalkan Sun Microsystems yang pada saat itu baru saja diakui sisi oleh oracle. Banyak alasan yang membuat beliau mengambil langkah tersebut, dan beberapa diantaranya adalah penurunan gaji, status dan kemampuan pengambilan keputusan, serta perubahan peran.

28 Maret 2011, James dikontrak oleh Google sebagaimana yang beliau umumkan di blog pribadinya. Tidak sampai setengah tahun, beliau mengabarkan bahwa telah bergabung dengan Liquid Robotics, beliau juga terdaftar sebagai penasihat Scala di perusahaan Typesafe Inc., direktur Independen di Jelastic dan penasihat strategis untuk Eucalyptus.

Source : http://www.pintarkomputer.com/james-gosling-tokoh-pembuat-bahasa-pemrograman-java/

Rizqi Ananda - 1901490193