Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Manfaat Database dalam Dunia Bisnis

Saat ini, penggunaan sistem informasi di dunia bisnis sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk setiap perusahaan baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar. Persaingan bisnis yang ketat mengakibatkan perusahaan tidak memiliki banyak kesempatan untuk bisa unggul dalam persaingan yang ada. Efisiensi dan efektivitas sangat penting bagi perusahaan agar dapat menang dalam low cost strategy sehingga bisnisnya dapat berjalan berkesinambungan. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas adalah penggunaan sistem database untuk mengelola data – data yang ada dalam perusahaan. 

Database adalah sekumpulan data yang sistematis dan disimpan di dalam suatu sistem yang dapat dimanipulasi menggunakan aplikasi Database Management System (DBMS) untuk menghasilkan suatu informasi. Dengan adanya DBMS, perusahaan dapat dipermudah dalam mengakses dan menyimpan data informasi yang ada di perusahaan. Selain itu, dengan menggunakan DBMS kita juga dapat mengawasi kegiatan operasional yang sedang terjadi sehingga perusahaan dapat mengambil langkah yang tepat dan cepat jika terdapat suatu masalah. Membuat standarisasi pada semua data – data yang ada di dalam perusahaan merupakan langkah awal yang dapat dilakukan perusahaan saat membuat database. Setelah itu, perusahaan dapat menentukan aplikasi DBMS yang sesuai dalam membantu pengelolaan dan pemanfaatan data – data tersebut. Setelah memilih aplikasi DBMS yang sesuai, langkah yang tidak kalah penting adalah mengelola informasi. Hal ini meliputi siapa yang dapat menggunakan dan melihat data, berapa lama data tersebut harus disimpan, teknologi penyimpanan, dan masih banyak lagi.

 Aplikasi DBMS yang sudah sering kali kita jumpai adalah MySQL, Microsoft Access, Oracle, dan masih banyak lagi. Aplikasi – aplikasi DBMS tersebut biasanya digunakan oleh perusahaan – perusahaan dengan skala kecil, menengah, maupun besar. Setelah database berhasil dibuat, maka perusahaan dapat menggunakan DBMS untuk mendukung dan mengawasi kegiatan operasional yang ada di dalam perusahaan.

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan jika penggunaan database dapat memberikan banyak manfaat dalam dunia bisnis. Berikut adalah manfaat – manfaat dari penggunaan database:

  • Mengurangi adanya Redudansi Data

Database dapat membantu meminimalisir adanya redudansi data. Redudansi data adalah duplikasi data atau penyimpanan data yang berulang dalam suatu sistem sehingga akan terdapat beberapa data yang sama dalam lokasi yang berbeda.

  • Integritas Data Terjaga

Database akan memastikan integritas data yang tinggi. Hal ini dikarenakan database memiliki keakuratan dan konsistensi yang tinggi pada data informasi yang ada.

  • Menjaga Independensi Data

Database dapat menjaga independensi data karena orang lain dapat melihat atau mengakses suatu data tetapi tidak dapat mengubah data tersebut.

 

  • Kemudahan dalam Berbagi Data

Dengan adanya database, kita dapat menggunakannya untuk berbagi informasi atau data secara mudah dengan pengguna database lainnya.

  • Pemeliharaan Keamanan Data

Database memastikan keamanan data dan informasi karena kita dapat memasukkan kode akses agar data atau informasi tertentu tidak dapat diakses oleh orang lain.

 

  • Kemudahan dalam Akses Data

Database dapat memudahkan pengguna dalam mengakses suatu data di dalam sistem karena semua data telah tersimpan dengan baik.

Referensi Gambar:

https://salamadian.com/ezoimgfmt/i1.wp.com/salamadian.com/wp-content/uploads/2018/09/pengertian-basis-data.jpg?w=633&ssl=1&ezimgfmt=ng:webp/ngcb2

Referensi Materi:

https://www.gramedia.com/best-seller/apa-itu-database/

https://trustmedis.com/apa-itu-redudansi-data-dan-bagaimana-cara-mengatasinya/

https://bahasan.id/ini-alasan-kenapa-database-perusahaan-penting/

Bella Natalia