Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pentingnya Transformasi Digital dalam Bidang Edukasi

“Kemajuan kita sebagai bangsa tidak bisa lebih cepat daripada kemajuan kita dalam pendidikan. Pikiran manusia adalah sumber daya fundamental kita.” – John F. Kennedy. Edukasi adalah hal yang paling penting dalam menentukan takdir bangsa kita. Edukasi yang berkualitas, inklusif, dan mudah diakses akan sangat berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia. Di era digital ini, kita harus beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan teknologi yang berkembang pesat. Kita tidak boleh tertinggal oleh zaman dan harus berani mengambil langkah berikutnya untuk maju menuju masa depan. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah menerapkan transformasi digital pada bidang edukasi.

Transformasi digital adalah sebuah konsep yang digunakan untuk mendeskripsikan proses perubahan demi memanfaatkan teknologi dalam segala aspek kehidupan. Konsep ini pertama kali muncul di tahun 90-an, saat internet mulai menjadi hal yang sering dijumpai.  Sekarang, teknologi baru mulai muncul, seperti artificial intelligence, ERP, big data, virtual reality, dan internet of things, yang secara drastis mengubah cara kita dalam melakukan banyak hal. Berbagai inovasi tersebut dapat membuat pekerjaan kita lebih efisien dan membuat proses-proses di organisasi kita lebih terintegrasi antara satu dengan yang lain. 

Di dalam edukasi, ada banyak hal yang dapat kita ubah untuk membuat pembelajaran menjadi lebih seru bagi murid, dan lebih mudah bagi guru dan pihak sekolah. Kita sudah dapat melihat salah satu contoh transformasi digital dalam edukasi saat kita semua terhampar oleh pandemi Covid-19. Sekolah harus dengan cepat mengubah cara mereka mengajar dari cara tradisional yang bersifat onsite ke cara yang baru melalui aplikasi Zoom. Walaupun sekarang sudah banyak sekolah yang kembali mengajar secara onsite, bukan berarti kita mengabaikan cara baru ini. Melalui zoom dan internet, edukasi yang berkualitas dapat lebih terjangkau bagi siswa-siswi yang kurang mampu. 

Bagi guru, teknologi, seperti big data, algoritme, serta AI dapat membantu mereka membuat pelajaran yang lebih menyenangkan dan berkesan bagi semua murid. Kita juga dapat membuat aplikasi LMS (Learning Management System) untuk melacak perkembangan siswa-siswi dan mengukur tingkat keterampilan mereka. Pihak sekolah juga dapat lebih mudah mengintegrasikan proses-proses pembelajaran mereka dengan menggunakan ERP dan database. Pasti tidak mudah bagi pihak sekolah untuk menangani ratusan data siswa-siswi, seperti nilai-nilai di semua pelajaran, NIS, alamat, dan seterusnya. Jadi, transformasi digital adalah hal penting yang kita harus tetap lakukan agar dapat maju sebagai bangsa. Kita harus sabar dan mengimplementasikannya secara perlahan, mulai dari memberikan para murid akses internet yang memadai dan memberikan sekolah fasilitas yang dibutuhkan.

 

Referensi: 

Julian Widjaya - 2702227334