Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pentingnya Implementasi UI/UX dalam Membangun Bisnis Digital

Dalam menciptakan dan mempromosikan produk, bisnis digital merupakan semacam bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Bisnis digital tidak terbatas pada penjualan barang tidak berwujud seperti perangkat lunak komputer (software). Tetapi dengan benda fisik yang dikemas dalam bentuk digital, seperti ebook (buku elektronik) atau barang – barang lainnya yang sering dijumpai di market place. Produk yang diperjual-belikan pada bisnis digital dapat berupa barang atau jasa.

Fokus ke pelanggan adalah kunci utama untuk sukses dalam persaingan bisnis yang semakin ketat terutama di dalam bisnis digital. Penjual biasanya ingin menjalankan bisnis secara berkelanjutan berdasarkan aspek kecepatan, kemudahan dan harga. Pelaku bisnis mulai memasuki bisnis digital dengan maksud produk dapat dijual secara luas. Mereka mencoba menawarkan jasa atau barang ke konsumen secara menyeluruh, karena dengan memasarkannya secara online, produk dapat dilihat dan dibeli oleh konsumen dari berbagai kalangan.

 Fokus utamanya adalah memaksimalkan teknologi untuk memperluas pasar dari bisnis digital itu sendiri. Pelaku bisnis perlu menjalankan suatu strategi untuk menciptakan suatu bisnis digital yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pelanggan. Salah satu strategi yang perlu dijalankan yaitu menciptakan desain yang menarik agar konsumen senang berbelanja di platform digital yang ditawarkan pelaku bisnis. Implementasi User Interface (UI) dan User Experiece (UX) yang baik menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis digital.

Tampilan visual dari sebuah aplikasi atau website dikenal dengan istilah user interface. UI berfokus pada tampilan visual program dan bagaimana tampilan tersebut berinteraksi dengan pengguna. User Experience (UX) adalah metode untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan saat berinteraksi dengan aplikasi. Singkatnya, UX mengacu pada bagaimana pengguna berinteraksi dan mendapatkan pengalaman dari penggunaan produk digital tersebut.

Tujuan dari implementasi UI/UX yang baik adalah memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi konsumen yang menggunakan produk digital. Demi meningkatkan penjualan pelaku bisnis perlu menganggap UI/UX sebagai peran penting dalam mencapai tujuan tersebut. Desain UI/UX bisa meningkatkan pengalaman pengguna di website dan kepuasan pengguna secara keseluruhan, selain itu dapat membuat konsumen tertarik untuk menggunakannya secara terus–menerus, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dari konsumen dan pelaku bisnis mendapat keuntungan dari transaksi yang dilakukan konsumen secara berkala.

Pembuatan user interface dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen, dengan mencari dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dari target konsumen seperti warna dasar yang akan digunakan dalam aplikasi. Navigasi dalam aplikasi juga harus disesuaikan dengan kebiasaan konsumen sehingga mereka menggunakan aplikasi dengan mudah untuk mencapai keinginan mereka. Sehingga dapat memunculkan kesan yang baik atas penggunaan aplikasi yang dibuat.

Referensi:

 

Aurelius Dwi Rendra Hadi