Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pengaruh Cloud Computing Terhadap Kehidupan Sehari-hari

https://www.uinjkt.ac.id/perkembangan-cloud-computing/

Cloud computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer–komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama dengan tujuan untuk membantu seseorang untuk melakukan pekerjaan menggunakan komputer untuk menyimpan, mengakses maupun mengolah data dengan lebih mudah. Cloud computing sendiri mempunyai fleksibilitias yang dapat digunakan oleh seseorang karena dengan adanya Cloud Computing, seseorang dapat membuka file / mengakses data kapan dan dimana saja asal terhubung oleh jaringan internet. Ada pula contoh Cloud Computing yang digunakan seperti Google docs, Google Slides, Google Drive, dll.  

Selain dari pengertian Cloud Computing sendiri, ada pula macam-macam Cloud seperti Public Cloud, Private Cloud, dan Hybrid Cloud. Public cloud adalah sebuah sistem dimana seorang individu, kelompok ataupun organisasi yang dapat mengakses secara mudah yang merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang memiliki fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi semua yang terkoneksi melalui internet menggunakan komputasi awan. Di lain sisi, Private Cloud adalah yang juga dikenal sebagai Internal Cloud atau Corporate Cloud adalah infrastruktur IT yang hanya dapat diakses oleh satu entitas atau oleh grup eksklusif entitas terkait yang memiliki tujuan dan persyaratan yang sama, seperti semua unit bisnis dalam satu organisasi. Private cloud sendiri menyediakan aktivitas dan aplikasi IT sebagai layanan melalui intranet dalam suatu perusahaan. Perusahaan mengadopsi cloud pribadi untuk memastikan keamanan sistem dan data. Maka dari itu, sistem ini diimplementasikan di belakang firewall perusahaan. Sedangkan, Hybrid Cloud adalah terdiri dari Public Cloud dan Private Cloud yang tetap merupakan entitas unik, namun tetap terintegrasi dengan erat. Pengaturan ini menawarkan kepada pengguna manfaat dari beberapa model penerapan. Hybrid Cloud memberikan layanan berdasarkan persyaratan keamanan, sifat aplikasi yang sangat kritis, dan kebijakan lain yang ditetapkan perusahaan. 

Selain macam-macam tipe Cloud, ada pula tipe Cloud Computing Services sendiri seperti  

  • On-premise softwareSebuah model dimana mulai dari pengadaan infrastruktur hingga software dilakukan sepenuhnya oleh perusahaan itu sendiri. 
  • Infrastructure-as-a-Service model di mana penyedia pihak ketiga membuat server, penyimpanan, dan sumber daya komputasi tervirtualisasi lainnya dan membuatnya tersedia untuk pelanggan melalui internet 
  •  Platform-as-a-serviceSebuah model di mana penyedia pihak ketiga membuat platform dan alat pengembangan aplikasi pada infrastrukturnya sendiri dan menyediakannya untuk pelanggan melalui internet 
  • Software-as-a-serviceModel distribusi perangkat lunak di mana penyedia pihak ketiga menghosting aplikasi dan membuatnya tersedia untuk pelanggan melalui internet 

Dengan memakai Cloud Computing di era sekarang ada pula manfaat bagi kehidupan sehari-hari sebagai berikut :  

  1. Data yang tersimpan terpusat pada serverKelebihan dalam Cloud Computing adalah data yang tersimpan akan disimpan secara terpusat pada satu server. Selain itu, ada pula keuntungan lainnya seperti pengguna tidak perlu menyediakan data center maupun media penyimpanan lainnya karena semua telah diatur melalui komputer secara virtual. 
  1. Keamanan data lebih terjaminKeamanan data yang terjamin dikarenakan semua data akan disimpan melalui server secara aman dan fasilitas yang telah disediakan oleh provider layanan Cloud Computing itu sendiri. 
  1. FleksibilitasDikarenakan adanya Cloud Computing yang dapat membantu kebutuhan sehari-hari dalam menyimpan, mengakses, ataupun mengolah data, sebagai user, kita tidak perlu membeli hard disk atau penyimpanan data tambahan lagi. 

Dengan manfaat-manfaat yang di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Cloud Computing di era sekarang, Pekerjaan user dipermudah dalam menyimpan, mengakses, ataupun mengolah data karena server cloud computing terpusat dan memilki tingkat keamanan yang terjamin. Selain itu, Cloud Computing pun dapat kita gunakan dimana dan kapanpun kita mau yang membuat kita dapat lebih fleksibel lagi dalam mengecek atau mengakses data yang kita mau asalkan terhubung oleh jaringan internet. 

References : 

Kevin R