Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

TIPS AND TRIK BELAJAR CODING

Sumber Gambar : http://www.codepolitan.com/wp-content/uploads/2014/06/languages.png

                Programming atau biasa disebut coding merupakan suatu aktivitas atau proses yang mengarah ke suatu fungsi komputasi untuk membuat suatu program yang bisa dieksekusi. Programming atau coding sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa khusunya jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Mata kuliah programming adalah salah satu mata kuliah yang wajib dikuasai oleh mahasiswa jurusan tersebut. Namun tidak sedikit mahasiswa yang mengeluh akan susahnya mata kuliah programming, dikarenakan mata kuliah tersebut membutuhkan logika yang cukup tinggi. Namun tidak sedikit juga yang menganggap bahwa programming adalah sesuatu yang mengasikkan.

            Untuk menguasai programming tentu saja tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Diperlukan waktu dan proses yang cukup panjang. DIkarenakan programming memiliki beberapa bahasa yang memiliki sintaks yang berbeda. Misalnya saja Java, C, C++, HTLM, dan lain sebagainya.

            Bagi para mahasiswa yang merasa coding itu susah dan membosankan, berikut ini ada beberapa tips dan trik cara belajar asyik pemograman.

  1. Belajar via online

Dengan belajar via online, anda tidak perlu menginstall IDE. Anda hanya perlu mengoding langsung mengoding dan mengcompile secara online, serta dapat langsung terlihat hasil output dari codingan tersebut.

  1. Belajar by doing

Seperti kata pepatah ‘Practice makes perfect’, jika anda ingin menguasai sesuatu anda harus melakukannya secara rutin dengan latihan terus menerus. Ada banyak soal yang bisa anda unduh di internet agar anda bisa melatih skill pemograman anda.

  1. Belajar via video

Dengan belajar lewat video, akan terasa bahwa coding itu asyik dan mudah diserap karena dijelaskan dengna memuat banyak unsur multimedia. Dibandingkan dengan belajar lewat buku yang hanya menampilkan teks dan gambar saja bisa memakan waktu yang cukup banyak untuk memahaminya.

  1. Belajar dengan teman

Saat anda dijelaskan oleh guru, mungkin ada saat dimana anda merasa malu untuk bertanya.Dengan belajar dengan teman, anda akan merasa lebih rileks dan anda bisa menyelesaikan suatu soal bersama-sama dan itu akan lebih membuat anda lebih mengerti akan permasalahan yang dihadapi.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://www.codepolitan.com/7-cara-asyik-belajar-pemrograman-java