Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Internet of Things dalam Dunia Pertanian

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, banyak sektor yang memiliki peluang untuk menggunakan berbagai teknologi terbaru. Salah satu teknologi yang populer digunakan adalah Internet of Things atau biasa disingkat IoT. Teknologi ini sudah mulai digunakan dalam dunia pertanian. Internet of Things sendiri adalah teknologi yang memanfaatkan jaringan internet secara real-time untuk menghubungkan benda atau perangkat satu dengan yang lainnya. Dalam dunia pertanian, IoT dapat membantu mengoptimalkan pengelolaan sumber daya sampai meningkatkan kualitas hasil panen. Internet of Things berpotensi membantu petani dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian dengan akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan pertanian tradisional. 

Salah satu contoh penerapan IoT dalam dunia pertanian adalah dalam pembuatan sistem irigasi otomatis. Untuk membuat sistem irigasi otomatis dibutuhkan beberapa alat seperti mikrokontroler, solenoid valve yang berfungsi sebagai alat buka tutup air yang mengalir ke  lahan  pertanian, dan sensor kelembaban tanah (soil moisture) yang akan dipasang pada sistem irigasi tersebut. Sensor ini digunakan untuk memantau kondisi tanah dan kelembaban udara sehingga dapat mengatur kapan air harus diberikan dan berapa banyak air yang diperlukan. Sistem ini juga dilengkapi jaringan wireless untuk  melakukan  komunikasi data  dengan baik dan menjangkau area pertanian yang lebih luas. 

Selain itu, IoT bisa digunakan untuk memonitor kondisi tanaman dan hama yang menyerang tanaman. Sensor dan perangkat lainnya akan dipasang di lahan pertanian. Data yang diperoleh dari sensor tersebut akan diproses dan dianalisis sehingga dapat memberikan informasi yang akurat mengenai kondisi tanaman. Hal ini dapat membantu para petani dalam mengambil keputusan yang tepat dalam mengatasi masalah tanaman dan memberikan rekomendasi perawatan lahan pertanian untuk mendapatkan hasil panen yang optimal.

Secara keseluruhan, IoT dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas di sektor pertanian. Dengan menggunakan teknologi IoT, petani dapat mengoptimalkan pengelolaan sumber daya dan meningkatkan kualitas hasil panen. Namun, penerapan IoT juga membutuhkan investasi yang signifikan sehingga petani harus berpikir secara matang sebelum menerapkannya.

 

Referensi:

Miftahul Walid, HoiriyahH., & FikriA. (2022). PENGEMBANGAN SISTEM IRIGASI PERTANIAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT). Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika, 5(1), 31 – 38. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v5i1.4452 

Praseptiawan, M., Untoro, M. C., Millennium, L. V., & Affandi, M. (2022). Sistem Informasi monitoring Lahan Pertanian Dan Pengusiran Hama berbasis internet of thing. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 4(2), 162–170. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v4i2.460

Audrey Bianca