Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Peran AI dalam Memperluas Akses Pendidikan bagi Para Pelajar

Perkembangan AI saat ini semakin pesat. Kehadirannya memiliki fitur, fungsi, dan tampilan yang semakin berpengaruh pada kehidupan manusia. Salah satu peran AI yang sangat berpengaruh adalah di bidang pendidikan. Kehadiran AI memberikan banyak manfaat, seperti membantu kita menyelesaikan tugas dalam waktu yang lebih cepat dari yang bisa dilakukan manusia biasa. AI juga mampu mengambil keputusan yang lebih rasional untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari peran-peran AI yang berpengaruh di bidang pendidikan.

Pembelajaran yang Dipersonalisasi

Siswa dapat menggunakan AI sehingga kini mereka memiliki pendekatan yang dipersonalisasi untuk program pembelajaran berdasarkan pengalaman dan preferensi unik mereka sendiri. AI akan menyesuaikan dengan tingkat pengetahuan, kecepatan belajar, dan tujuan dari setiap siswa sehingga mereka mendapatkan hasil maksimal dari pendidikan. Selain itu, AI juga dapat menganalisis data siswa untuk mengidentifikasi kesenjangan, keterampilan, dan pengetahuan. Dengan menganalisis data dari penilaian dan tugas, AI dapat menghasilkan penilaian yang dapat mengidentifikasi area di mana siswa mungkin mengalami kesulitan. Guru dapat menggunakan teknologi ini untuk melacak kemajuan siswa dan menyesuaikan instruksi sesuai kebutuhan.

Smart Content

Smart content adalah jenis konten yang menggunakan teknologi dan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan pengalaman yang personal dan relevan kepada pengguna. Dengan kemampuannya untuk mengumpulkan dan menganalisis data pengguna secara real-time., smart content menyediakan bahan bacaan terbaru dari buku-buku yang baru dirilis serta pencarian informasi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang mencakup di bidang pendidikan. Dengan bantuan smart content, AI bisa menjadi mentor virtual bagi para pelajar. Mentor virtual ini berfungsi sebagai asisten belajar yang dapat diakses melalui platform digital. AI juga menyediakan layanan Presentation Translator yang dapat membantu siswa untuk lebih memahami penjelasan dalam sebuah content. Presentation Translator adalah sebuah alat atau aplikasi yang dapat menerjemahkan presentasi secara real-time dengan memanfaatkan AI dan teknologi terjemahan. Alat ini memungkinkan pengguna untuk menyampaikan presentasi dalam bahasa asli mereka dan dengan otomatis menerjemahkan kata-kata yang diucapkannya ke dalam bahasa lain.

Global Course

Teknologi AI berikutnya adalah global courses. Secara sederhana pengguna global courses bisa mencari dan mengikuti kursus daring dari seluruh dunia. Platform kursus bisa merekomendasikan ketertarikan dan minat penggunanya sesuai kata kunci yang sudah mereka masukkan sebelumnya. Ciri khas dari kursus yang sudah menggunakan teknologi AI adalah terdapat fitur personalisasi yang memungkinkan pengguna mendapatkan pemberitahuan mengenai kemajuan jadwal kursus, materi yang perlu dipelajari, akumulasi tes, total nilai, rekomendasi kursus yang relevan dan berbagai fitur lainnya.

Saat kita mendekati era yang lebih maju, kontribusi kecerdasan buatan terhadap inovasi teknologi akan menjadi semakin penting khususnya di dunia pendidikan. Dengan adanya AI akses pendidikan pun juga semakin dipermudah. Namun, penting untuk diingat bahwa pengembangan AI tidak terbatas pada kemampuan teknologi saja, namun juga mencakup kemampuan manusia untuk memandu dan membantu pengguna secara efektif. Dengan menghubungkan sifat manusia dengan kecerdasan manusia, kita dapat memastikan bahwa kemajuan teknologi akan selalu membawa kita menuju masa depan yang lebih bijaksana, jeli, dan berjangka panjang.

Referensi

Jonathan Irvin Adi Utama - 2702313174