Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

CRM VS SCM

Halo, guys! 🙂 Kali ini, kita akan membahas tentang CRM Vs SCM. Mari kita Simak yuk!

Mungkin sebagian besar dari kita tidak asing lagi dengan istilah CRM. Apasih pengertian dan kepanjangan dari CRM ? CRM merupakan kepanjangan dari Customer Relationship Management yang berarti suatu  proses yang digunakan untuk memastikan layanan sampai kepada pelanggan setelah penjualan selesai dengan mengotomasi proses bisnis yang digunakan untuk penjualan (sales), layanan (service), dan dukungan (support). Dengan kata lain, CRM sebagai sarana penghubung dari suatu perusahaan ke pelanggannya.

Berbeda dengan SCM. SCM itu sendiri merupakan kepanjangan dari Supply Chain Management adalah suatu proses yang digunakan untuk memastikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan sudah melalui proses materi (bahan baku), informasi , dan sumber daya keuangan secara tepat waktu. Dengan kata lain, dalam proses produksi barang/jasa, perusahaan harus bisa menempatkan produknya pada suatu tempat yang tepat, dengan biaya termurah, dan menghasilkan nilai efektif dengan memperhatikan proses aliran kerja yang terkoordinasi.

Ini perbedaan dari CRM dan SCM. Mari kita lihat!

  1. SCM adalah memastikan bahwa bahan baku yang dibutuhkan oleh pelanggan telah terpenuhi, sementara CRM adalah berinteraksi dengan pelanggan untuk memastikan mereka mendapatkan dukungan dan layanan yang mereka butuhkan.
  2. Ditinjau dari waktu pelaksanaannya,  proses SCM dilakukan sebelum produk dilempar ke pasar, sedangkan CRM sesudah produk dilempar di pasar.
  3.  SCM menangani dan memilik relasi dengan vendor atau suplier sementara CRM fokus menangani pelanggan dan pelayanan pada mereka.

Dan ini yang terakhir, yaitu persamaan antara CRM dan SCM. Yuk kita simak lagi.

Secara umum, kedua proses strategi tersebut baik CRM dan SCM digunakan untuk membantu kegiatan di Sales, Marketing, dan Customer Service. Keduanya sama-sama berkecimpung pada kebutuhan dan kepuasan pelanggan terhadap kualitas barang dan layanannya. Dengan tujuan sama, yaitu mendapatkan dan menangani pelanggan, memenuhi kebutuhan mereka, dan memberi layanan maksimal sehingga pelanggan akan loyal kepada perusahaan serta menjadi pelanggan setia bagi perusahaan.

Source :

https://marthasuzan.wordpress.com/2012/10/30/erp-scm-vs-crm/

M. Fikri Abdurahman