Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pemanfaatan Sosial Media Untuk Promosi Usaha Kuliner di Indonesia

Di era globalisasi dan masa pandemi seperti sekarang, penggunaan sosial media semakin meningkat di kalangan masyarakat, mengingat situasi pandemi di Indonesia yang belum diketahui kapan akan berakhir. Hal ini sangat berdampak besar untuk para pelaku usaha kuliner di Indonesia terutama untuk perkembangan usaha mereka. Penggunaan sosial media dalam berbisnis dapat memberikan kemudahan dalam memasarkan dan mempromosikan produknya melalui media yang tersedia di internet.

Apa itu sosial media? Sosial Media adalah media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antar pengguna, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan sosial media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan jarak yang tidak terbatas.

Sosial media dapat memainkan peran untuk mengembangkan dan mempromosikan usaha kuliner yang sangat menjamur di Indonesia. Kuliner asli Indonesia sangatlah banyak dan beragam serta tersebar dari Sabang sampai Marauke. Kuliner di Indonesia sendiri memiliki ciri khas dan mewakili identitas dari masing-masing daerah di nusantara. Dengan menggunakan sosial media untuk melakukan promosi, tentunya akan sangat membantu dalam menunjukkan kuliner di Indonesia yang belum diketahui banyak orang secara luas dan tanpa batas. Sosial media dapat menjadi sebuah wadah yang paling berpotensi untuk mempromosikan kuliner kedepannya. Contoh sosial media yang dapat digunakan untuk mempromosikan usaha kuliner antara lain YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, dan Tiktok.

Manfaat sosial media yang diterima oleh pelaku usaha kuliner di Indonesia antara lain:

  • Membangun dan menarik minat masyarakat
  • Membantu menemukan konsumen dan memperluas target pemasaran
  • Meningkatkan jumlah penjualan produk
  • Mengurangi biaya riset pasar dan biaya pemasaran konvensional yang cukup mahal
  • Fleksibilitas dalam promosi karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
  • Pembuatan akun grtis dan modal yang diperlukan relatif kecil

Referensi : https://www.niagahoster.co.id/blog/sosial-media-populer/

https://ibrand.id/manfaat-pemasaran-melalui-media-sosial/