Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pengaruh Teknologi dalam Upaya Pengenalan Budaya Bangsa

Saat ini teknologi berkembang pesat dan memegang peran penting di dunia. Teknologi dapat memudahkan kita berkomunikasi dengan siapa saja di dunia, memudahkan kita dalam menerima segala informasi dan tentunya dapat memudahkan kita dalam mengeksplor dunia. Teknologi disini juga memegang peran dalam globalisasi. Dengan menggunakan teknologi apapun dapat disebarluaskan dengan mudah kapanpun sehingga dapat mempengaruhi suatu cara pandang manusia terhadap suatu budaya dan juga bangsa. Kemajuan teknologi yang pesat memaksa kita untuk beradaptasi dengan fenomena yang ada dan meminta kita untuk bersikap kritis terhadap suatu informasi. Informasi yang tersebar luas di dunia maya dapat berupa informasi yang baik dan juga informasi yang buruk. Manusia harus dapat memilah mana informasi yang baik dan juga informasi yang buruk.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, teknologi dapat berdampak positif dan juga berdampak negatif. Dampak positif yang dapat dirasakan yaitu dengan adanya teknologi memberi kemudahan dalam kegiatan memperoleh informasi. Informasi dapat dengan mudah kita dapatkan secara realtime. Namun, teknologi juga memiliki pengaruh negatif yaitu tidak semua informasi yang terdapat di internet merupakan informasi yang benar, sebab siapa saja bisa mengunggah informasi tersebut sehingga tidak ada pihak yang bertanggungjawab atas informasi tersebut. Maka tidak jarang terjadi suatu perpecahan yang diakibatkan oleh informasi yang ada di internet.

Teknologi juga berdampak pada bidang sosial budaya, yaitu terutama pada bidang pengenalan Budaya Bangsa. Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan budaya yang tersebar luas dari sabang hingga merauke. Budaya tersebut dapat menjadi suatu kebanggan yang Indonesia miliki. Teknologi disini dapat kita manfaatkan untuk mengenalkan budaya bangsa Indonesia ke seluruh dunia, misalnya dengan membuat suatu website yang berisi tentang macam-macam budaya Indonesia. Dengan menggunakan website tersebut, siapa saja dapat mencari tahu tentang budaya bangsa Indonesia, sebab website tersebut berisi daftar budaya Indonesia lengkap dengan tarian daerahnya, bahasa daerahnya, pakaian adat, makanan daerah, rumah adat atau unsur budaya lainnya. Selain itu juga dapat memanfaatkan social media dalam mempromosikan dan memperkenalkan budaya bangsa, dapat dengan cara mengunggah video atau artikel tentang kebudayaan dan lainnya. Dengan aktivitas tersebut maka budaya Indonesia dapat dikenal dengan masyarakat luas.

Sumber gambar

https://sopigpsite.files.wordpress.com/2017/04/ddwdwd.jpg?w=640

https://www.studiobelajar.com/wp-content/uploads/2020/02/ilustrasi-keragaman-budaya-indonesia.jpg

Referensi

https://www.indonesia-investments.com/id/budaya/item8

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/08/120000169/pengertian-dan-perkembangan-teknologi?page=all

 

Viona Nitaraljamin Adiwidodo