Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Financial Technology , Sistem Pembayaran Jaman Now

Di era modern ini, semakin banyak inovasi yang mempermudah gaya hidup manusia, terutama dengan berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin canggih. Salah satu contoh yang bisa kita temukan ialah pembayaran non-tunai berbasis online  atau biasa disebut fintech seperti OVO, GoPay dan Dana. Aplikasi fintech ini membuat para penggunanya dapat melakukan pembayaran tanpa perlu menyiapkan uang tunai atau menunggu staff toko mencari uang kembalian karena jumlah yang kita bayarkan lebih besar dari yang perlu kita bayar. User juga tidak perlu khawatir apabila dompet kita tertinggal dirumah karena semua uang kita ada di dalam satu genggam smartphone yang kita gunakan hampir setiap saat. Penasaran dengan apa yang dimaksud dengan fintech ? Yuk, kita simak penjelasan berikut.

Apa itu Fintech?

Fintech merupakan singkatan dari financial technology. National Digital Research Center (NDRC) menyebut hal ini sebagai istilah untuk menyebut inovasi dalam bidang jasa keuangan atau finansial, yakni inovasi finansial yang diberikan sentuhan teknologi modern. 

Sederhananya, fintech company adalah jenis perusahaan di bidang jasa keuangan yang digabungkan dengan teknologi. Bisa juga diartikan sebagai segmen di dunia startup yang membantu untuk memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mempertajam, mengubah, dan mempercepat berbagai aspek pelayanan keuangan.

Sehingga, mulai dari metode pembayaran, transfer dana, pinjaman, pengumpulan dana, sampai dengan pengelolaan aset bisa dilakukan secara cepat dan singkat berkat penggunaan teknologi modern tersebut.

Kelebihan menggunakan fintech

  1. Kemudahan layanan finansial

    Salah satu manfaat yang ditawarkan oleh fintech adalah kemudahan layanan finansial,mungkin manfaat satu inilah yang paling terasa. Coba bandingkan dengan sepuluh tahun lalu. Saat hendak mentransfer uang, kamu mungkin harus mendatangi mesin ATM atau teller bank. Hal ini tentu cukup merepotkan karena membutuhkan waktu dan juga effort lebih. Belum lagi jika terdapat antrean, tentu semakin banyak waktu yang terbuang. Namun, hal seperti itu bisa disederhanakan berkat kehadiran fintech. Kini, kamu bisa melakukan transfer uang hanya melalui smartphone, kapan saja dan dimana saja.
  2. Keamanan terjaga dan terjaminFintech memiliki metode keamanan terbaru, sehingga sangat menjamin data pelanggan tetap aman. Opsi terbaru untuk keamanan yang digunakan Fintech yaitu data biometrik, tokenization, enkripsi. Jadi sudah dapat dipastikan semua data yang kalian berikan sudah terjaga dan terjamin karena Fintech legal sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (OTORITAS JASA KEUANGAN). Kamu juga dapat melihat penerapan keamanan terbarukan ini melalui verifikasi nomor telepon guna mencegah hacker mengakses dompet digitalmu.

Jenis Fintech

Berikut adalah jenis-jenis fintech di Indonesia : 

Sumber Gambar : Freepik, smtl.gl/jenisfintech

Taufik Wira Anantha, Kawang Utomo, Tri Patrisya BR. Sirabani