Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Peluang Jurusan Sistem Informasi untuk memulai karir sebagai Data Analyst

Sistem informasi membuka banyak jenis peluang karir, salah satunya adalah Data Analyst. Data analyst adalah seseorang yang meneliti, mengolah, dan menerjemahkan informasi atau data ke dalam suatu laporan yang mudah dimengerti. Hasil dari analisa yang berupa fakta atau tren dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan penting pada hal-hal tertentu seperti penjualan, pemasaran, analisa kompetitor, dan sebagainya.

Di zaman yang sudah memasuki industri 4.0, kebutuhan data analyst semakin meningkat dan semakin diminati. Profesi ini dibutuhkan hampir di semua industri terutama di perusahaan yang berbasis teknologi sehingga peluang kerja akan semakin besar.

Data analyst memiliki cukup banyak peran di perusahan seperti memelihara sistem data dan database, mengatur ulang data dengan format yang mudah dibaca, proses kerja data analyst juga berkolaborasi dengan programmer, engineer, dan pemimpin organisasi untuk membantu mereka dalam menyiapkan laporan analisa data agar dapat digunakan untuk kepentingan perusahaan di masa depan.

Seorang Data Analyst harus memiliki beberapa kemampuan seperti kemampuan analisis, komunikasi, dan presentasi yang baik agar konteks yang ingin disampaikan dapat lebih mudah dimengerti oleh orang lain. Selain itu, data analyst juga harus memiliki pemahaman statistika yang kuat untuk menafsirkan data, serta memahami bahasa pemrograman contohnya SQL agar dapat mengakses data dari database perusahaan, dan juga harus terbiasa dengan Microsoft Excel. Kemudian jika kalian mempunyai sertifikasi Data Analyst, hal tersebut akan menjadi poin tambahan yang menarik di perusahaan.

Jenjang karir dari Data Analyst juga sangat luas. Setelah menjadi data analyst, kalian dapat melanjutkan karir sebagai senior data analyst atau manager. Kemudian dapat memasukin role yang lebih spesifik atau menjadi data specialist di bagian finance, healthcare, dan sebagainya. Selanjutnya, menjadi data scientist, masuk ke dalam dunia bisnis, atau menjadi data analytics consultant sehingga memiliki consultacy firm pribadi.

Jadi, apakah kalian tertarik menjadi Data Analyst?

 

Referensi:

https://campus.quipper.com/careers/data-analyst

https://www.ekrut.com/media/bagaimana-cara-menjadi-data-analyst

Devina Humaira