Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Manfaat Mempelajari UI/UX Dalam Memperkenalkan Kebudayaan Nusantara

User Experience research and design merupakan sebuah subjek mata kuliah di Universitas Bina Nusantara yang dipelajari oleh mahasiswa – mahasiswi jurusan sistem informasi pada semester 2. Mata kuliah ini menitik – beratkan pada pembelajaran membuat user interface atau prototype yang akan digunakan dalam sebuah applikasi. Tanpa sadar, mempelajari mata kuliah ini secara tidak langsung dapat memperkenalkan budaya nusantara.

Sebagai warga negara Indonesia, kita sudah cukup familiar dengan desain – desain dan motif berciri nusantara. Tanpa sadar, kita dapat secara tidak sengaja meletakan ciri tersebut kedalam prototype yang sedang kita buat. Pada akhirnya, sebuah applikasi yang kita kerjakan akan memiliki ciri khas dari Indonesia. Jika seseorang memakai applikasi tersebut dan tidak sengaja melihat sebuah motif yang unik, maka orang tersebut berkemungkinan untuk mencari tahu tentang desain tersebut dan akhirnya memiliki pengetahuan tentang desain tersebut, yang merupakan sebuah kebudayaan Indonesia.

Menurut data yang diberikan oleh SpringBoard, 87% manager mengatakan bahwa desainer UI/UX memiliki kesempatan kerja yang sangat besar dan merupakan salah satu profesi yang paling dibutuhkan di tahun 2020. Besarnya kesempatan kerja ini membuka peluang bagi mahasiswa – mahasiswi Universitas Bina Nusantara yang ingin meneruskan karir mereka di bidang desain UI/UX. Saat berada di lingkungan kerja, orang cenderung memperkenalkan diri dengan berbicara tentang diri mereka, asal mereka, dan kebudayaan mereka. Menurut data yang diberikan oleh Scientific American. Manusia menghabiskan 60% waktu mereka untuk berbicara tentang diri mereka. Sehingga secara tidak langsung, para profesional yang bekerja akan memperkenalkan budaya daerah mereka masing – masing atau bahkan budaya Indonesia kepada rekan – rekan mereka. Jadi, dapat disimpulkan bahwa mempelajari mata kuliah User Experience research and design dan menjadi profesional di bidang tersebut dapat memberikan sorotan kepada kebudayaan Indonesia di era digitalisasi.

Memperkenalkan kebudayaan Indonesia dapat dilakukan mulai dari mempelajari mata kuliah User Experience research and design. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bagi kita untuk tidak bermalas – malasan dalam berkuliah. Selain membawa manfaat kepada diri sendiri, menambah ilmu dapat memberi manfaat kepada bangsa dan negara. Seperti quote yang ditulis oleh Napoleon Hill “Action is the real measure of intelligence.” Maksud dari tulisan ini adalah kita harus membuktikan kecerdasan kita dengan sebuah tindakan. Seperti mengenalkan kebudayaan Indonesia sebagai wujud atau bukti dari kecerdasan kita yang dipengaruhi oleh pengetahuan akan kebudayaan dan kecintaan akan Bangsa Indonesia.

Sumber :

https://www.scientificamerican.com/article/the-neuroscience-of-everybody-favorite-topic-themselves/

https://brainstation.io/career-guides/is-ui-design-a-good-career

https://shiftacademy.id/ui-ux-mastery/

Evan Veda