Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

3 Cara Ampuh Melegakan Internal Storage Smartphone yang Mulai Penuh

Halo guys, Zaman sekarang ini, pengguna smartphone hampir mengalami kesulitan masalah memory yang tidak cukup di smartphone mereka. Hal ini disebabkan karena kebutuhan storage yang besar dalam sebuah smartphone untuk menyimpan foto, music, video, serta berkas lainnya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk melegakan storage smartfone kamu:

1. Menggunakan Memori Eksternal

Khusus untuk yang memiliki slot memori eksternal sebaiknya dimaksimalkan dengan menggunakan slot tersebut. Kamu bisa menggunakan memori eksternal berkapasitas 16GB, 32GB, 64GB dan seterusnya sesuai yang disanggupi smartphone tersebut.

2. Memindahkan Data ke Cloud Storage

Cloud Storage atau yang dimaksud dengan penyimpanan awan adalah sebuah tempat penyimpanan menggunakan sebuah akun tertentu di server milik aplikasi tertentu seperti misalnya Google Drive, Dropbox, OneDrive dan lain sebagainya.

Hanya dengan membuat akun, kamu akan mendapatkan secara gratis penyimpanan awan dengan kapasitas tertentu dan bisa memperbesar storage tersebut dengan membayar. Keuntungan menggunakan Cloud Storage adalah tidak perlu lagi pusing soal tempat penyimpanan dan bisa diakses dari perangkat lain dengan akun yang sama. Mungkin di Indonesia kendalanya ada di kualitas internet yang mahal dan juga cukup lambat.

3. Membersihkan file cache dan sampah

Setelah browsing, buka Facebook, Instagram, Path dan lainnya biasanya akan meninggalkan sebuah file cache yang berguna ketika kamu membuka kembali browser atau aplikasi tersebut tidak perlu loading lagi karena sudah ada file cache. Walaupun ukuran file cache dan file sampah ini tergolong kecil tetapi karena jumlah yang banyak akan membuat internal storage menipis.

Sebaiknya secara rutin membersihkan file cache dan file sampah atau junk file dengan menggunakan aplikasi cleaner seperti CCleaner for Android atau Clean Master.

Jika setelah menggunakan 3 cara ini ternyata memori internal milikmu masih saja terasa sempit, sebaiknya periksa kembali apakah ada spyware di dalamnya yang membuat folder yang tidak kamu ketahui. Selamat mencoba.

Sumber: https://jalantikus.com/tips/cara-memperluas-kapasitas-internal-storage-smartphone/