Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

PENGARUH ANTARA ERA DIGITAL DAN PANDEMI PADA PERUBAHAN CARA BERSOSIAL

Seperti yang diketahui tahun 2020 hingga awal tahun 2021 merupakan tahun yang cukup sulit dilalui untuk hampir semua orang didunia terutama di Indonesia. Hal ini menimbulkan kebijakan dari pemerintah untuk melakukan PSBB sehingga komunikasi dan aktivitas dengan orang lain minim sekali bahkan tidak ada. Segala sektor terkena imbasnya terutama untuk orang-orang yang biasa bekerja kantoran dan anak muda yang masih sekolah atau kuliah harus beradaptasi akan kurangnya komunikasi secara langsung yang sehari-hari terjadi.

Sebagai mahluk sosial, manusia pasti ingin berhubungan atau berkomunikasi dengan sesamanya. Dari berkomunikasi akan timbulnya rasa penasaran akan sekitarnya karena itulah Hasrat untuk berkomunikasi dari manusia timbul. Akan tetapi gaya hidup digital menjadi kebiasaan normal bagi masyarakat millennial. Hal ini menjelaskan bahwa gaya hidup digital merupakan revolusi gaya hidup (bahkan budaya hidup) akibat perkembangan tekonologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, dengan menggunakan perlatan digital, pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efisien dalam arti menghemat biaya dan juga waktu, dapat lebih efektif karena tujuan utama gaya hidup digital adalah cepat dari sebelumnya.

Dampak era digital atau media sosial saat ini terhadap perubahan sosial memiliki efek positif dan negatif. Pengaruh positif pengguna media sosial telah sangat meningkatkan perubahan sosial di masyarakat, namun pengaruh negatif seringkali menimbulkan perubahan sosial di masyarakat, sehingga menghilangkan nilai-nilai atau norma yang ada di masyarakat. Dengan kemunculan media sosial saat ini sebagai sebuah teknologi baru, maka cara hidup manusia tentunya juga akan berubah. Perubahan tertentu membuat masyarakat lebih efektif dan efisien dalam memperoleh informasi yang tidak dipengaruhi oleh waktu, lokasi, dan biaya yang lebih murah.

Reference:

Pentingnya Berkomunikasi. (2021). Retrieved 25 March 2021, from https://kumparan.com/dita9729/pentingnya-berkomunikasi-1v9nehxkzGA/full

Pengaruh Era Digital terhadap Perubahan Sosial. (2021). Retrieved 25 March 2021, from https://www.kompasiana.com/ekakholifatulhidayah07/5d08db0a097f36089150d7a3/pengaruh-era-digital-terhadap-perubahan-sosial

Yoel Eldela Suharli