Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Apa itu Data Visualization?

Data visualization merupakan hal yang sangat krusial bagi perkembangan suatu bisnis atau karir. Dibandingkan menggunakan membaca saja, Wyzowl berkata 80% orang lebih gampang mengerti sesuatu secara visual.

Menurut Tableau, visualisasi data merupakan representasi grafis menurut keterangan & data. Dengan memakai elemen visual misalnya bagan, grafik, dan peta, indera visualisasi data menyediakan cara yg bisa diakses buat melihat dan mengetahui tren, outlier, dan pola pada data.

Apa sih Manfaatnya Data Visualization?

Manfaat utama bagi sebuah karir yaitu pengambil keputusan, hal ini dapat dengan mudah melihat dan memahami mengenai hasil kerja perusahaan, berdasarkan variabel-variabel yang dimiliki. Menyajikan data secara langsung atau tertulis tentu, menyulitkan masyarakat umum terutama para pemimpin bisnis untuk memahami maksud dari hasil data tersebut.

Seperti contoh lainnya, dapat digunakan oleh guru untuk menampilkan hasil tes siswa, oleh ilmuwan komputer yang mengeksplorasi kemajuan dalam kecerdasan buatan (AI). Ini juga memainkan peran penting dalam proyek data besar. Karena bisnis mengumpulkan kumpulan data besar-besaran selama tahun-tahun awal tren data besar, mereka membutuhkan cara untuk mendapatkan gambaran umum data mereka dengan cepat dan mudah. Alat dan teknologi untuk visualisasi data sangatlah penting, hal ini untuk menganalisi data yang berjumlah besar yang berisi informasi dan membuat keputusan berdasarkan data tersebut.

Inilah mengapa visualisasi data penting untuk membantu pembuat kebijakan  memahami  data  dan membuat keputusan yang tepat.

Manfaat lain dari visualisasi data adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan menyerap informasi dengan cepat, meningkatkan wawasan dan membuat keputusan lebih cepat.
  • Peningkatan pemahaman tentang langkah-langkah selanjutnya yang harus diambil untuk memperbaiki organisasi.
  • Meningkatkan kemampuan audiens untuk tetap tertarik pada informasi yang dapat mereka pahami.
  • Distribusi informasi yang mudah yang meningkatkan kesempatan untuk berbagi wawasan dengan semua orang yang terlibat.
  • Menghilangkan kebutuhan ilmuwan data karena data lebih mudah diakses dan dimengerti.
  • Meningkatkan suatu kemampuan untuk melakukan suatu tindakan, berdasarkan temuan dengan cepat dan oleh karena itu, mencapai kesuksesan dengan kecepatan yang lebih besar dan lebih sedikit melakukan kesalahan.

Contoh Visualisasi Data

Pada awal-awal visualisasi, teknik visualisasi yang paling umum adalah menggunakan mengolah data terlebih dahulu menggunakan Microsoft Excel. Setelah data sudah diolah data tersebut dapat diubah menjadi tabel, grafik batang atau diagram lingkaran. Meskipun metode visualisasi ini masih umum digunakan, teknik yang lebih rumit sekarang tersedia, termasuk mengikuti :

  • infographics
  • bubble clouds
  • bullet graphs
  • heat maps
  • fever charts
  • time series chart

Beberapa teknik populer lainnya adalah sebagai berikut.

  • Line charts.

Ini adalah salah satu teknik paling dasar dan umum yang digunakan. Bagan pada garis dapat menampilkan bagaimana suatu variabel dapat berubah dari waktu ke waktu.

  • Area Chart

Metode visualisasi ini merupakan variasi dari diagram garis. Hal ini menampilkan beberapa nilai dalam deret waktu, atau sekumpulan data yang dikumpulkan pada titik-titik yang  berjarak sama secara berurutan.

  • Scatter plot

Teknik ini menampilkan hubungan antara dua variabel Scatter plot berbentuk sumbu x dan y dengan titik-titik untuk mewakili titik data.

  • Treemaps

Metode ini menunjukkan data hierarkis dalam format bersarang. Ukuran persegi panjang yang digunakan untuk setiap kategori sebanding dengan persentase keseluruhannya. Treemaps paling baik digunakan ketika ada beberapa kategori, dan tujuannya adalah untuk membandingkan bagian yang berbeda dari sebuah utuh.

  • Population Pyramids

Teknik ini menggunakan diagram batang bertumpuk untuk menampilkan kisah sosial yang kompleks dari  populasi. Teknik ini sangat ideal untuk menampilkan distribusi populasi.

Referensi :

https://www.tableau.com/learn/articles/data-visualization

https://www.powerslide.io/en/blog/data-visualisation-what-you-need-to-know

https://www.finereport.com/en/data-visualization/visualisasi-data.html

https://searchbusinessanalytics.techtarget.com/definition/data-visualization

https://glints.com/id/lowongan/data-visualization-adalah/#.YbGwCtDP02x