Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Apa itu Internet of Things dan Apakah Penting Dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Apa itu Internet of Things (IoT)? Seperti namanya Internet of Things adalah sebuah konsep dimana benda-benda fisik yang dapat terhubung ke internet dan saling berkomunikasi serta berbagi data. Tujuan utama dari IoT sendiri adalah untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai industri dan lingkungan. IoT dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti rumah pintar, transportasi, dan industri. Lalu, bagaimana cara kerja dari teknologi IoT itu sendiri ?

Perangkat IoT dilengkapi dengan sensor, aktuator, dan/atau sistem pengolahan data yang berguna untuk mengumpulkan, memproses, dan mengirimkan informasi. Untuk mengirimkan informasi dibutuhkan jaringan komunikasi yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat IoT ke internet. Data yang dikumpulkan oleh perangkat IoT akan disimpan, dikelola, dan dianalisis menggunakan infrastruktur cloud computing. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi secara real-time dari mana saja. Aplikasi IoT adalah aplikasi yang membuat pengguna dapat mengakses dan mengelola data dari perangkat IoT.

Apakah penting IoT dalam kehidupan sehari-hari? Jawabannya iya Internet of Things sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. IoT memungkinkan kita untuk memantau dan mengelola perangkat IoT secara efektif meningkatkan efisiensi, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Contohnya, di rumah tangga, lampu pintar dapat dikendalikan menggunakan aplikasi IoT. Sehingga dapat menghemat energi dan meningkatkan kenyamanan penghuni rumah. Serta aplikasi IoT seperti asisten virtual dapat meningkatkan keamanan rumah.

Pada sektor transportasi, IoT dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi transportasi. Serta dapat digunakan untuk memantau kondisi jalan, mengoptimalkan rute, dan memantau kendaraan. Teknologi IoT juga berkontribusi pada pengembangan kendaraan yang lebih ramah lingkungan dan pintar, seperti mobil listrik. Sensor IoT pada kendaraan juga memungkinkan untuk mendeteksi masalah dan memperbaiki kendaraan sebelum masalah menjadi lebih parah.

 

Referensi:

Rose, K., Eldridge, S., & Chapin, L. (2015). The internet of things: An overview. The internet society (ISOC), 80, 7-50.

Darell Marvell Lee