Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

BookGround

Pada tanggal 4 hingga 25 September 2021, HIMSISFO mengadakan kegiatan BookGround di setiap hari sabtu. BookGround merupakan sebuah gerakan kampanye tentang pentingnya niat baca bagi anak muda Indonesia. Kami membuat stand peminjaman buku gratis di taman sekitar, sehingga anak-anak bisa mengambil buku dan mengembalikan pada tempatnya setelah mereka selesai membaca. Diambil dari nama Playground yang memiliki arti tempat bermain anak anak. Dimana mereka bisa berimajinasi dengan luas dan bebas tanpa ada halangan. Sama halnya dengan Book-Ground dimana menyediakan buku dan mengajak orang untuk membaca dan berkarya dengan imajinasi seluas luasnya.

Pembuatan ide BookGround ini dilatarbelakangi dari pendidikan yang merupakan salah satu faktor utama untuk menjadi kualifikasi generasi bangsa dan berpengaruh besar dalam perkembangan karakter. Namun, sangat disayangkan banyak sekali bibit muda di Indonesia tidak gemar membaca buku yang merupakan sumber utama untuk meluaskan wawasan. Maka dari itu pada tahap awal ini, kami mengajak anak di sekitar Jakarta, khususnya Jakarta Barat untuk belajar, membaca dan juga bermain bersama. Orientasi yang kami utamakan adalah anak jalanan yang berumur 5-13 tahun. Dari kegiatan ini diharapakan, bagi mereka yang sebelumnya tidak memiliki buku untuk dibaca atau tidak memiliki minat baca yang tinggi, jadi memiliki keduanya. 

Rangkaian acara setiap minggunya memiliki tema yang berbeda-beda. Pada minggu pertama, tema pembelajarannya adalah Kebersihan Lingkungan. Dengan tema itu kita membaca buku-buku terkait kebersihan lingkungan. Dan juga mempraktekan pembelajaran dengan bermain games memisahkan sampah berdasarkan jenis-jenisnya menggunakan properti kertas. Lalu ditutup dengan tebak-tebakan berhadiah dari materi yang telah dibaca sebelumnya.

Pada minggu kedua, kami membahas tentang Kisah legenda dan dongeng. Anak-anak membaca beberapa judul dari kisah legenda dan dongeng, dan untuk anak-anak yang belum bisa membaca, didongengi oleh kakak mentor volunteer. Setelah itu kami memberikan kesempatan untuk anak-anak yang berani untuk menceritakan kembali cerita dongeng yang telah dibaca. Lalu ditutup dengan tebak-tebakan Kisah legenda dan dongeng.


Pada minggu ke tiga, temanya adalah Profesi dan cita-cita. Seperti minggu-minggu sebelumnya, BookGround menyediakan buku buku tentang tema pada hari itu. Anak-anak diberikan waktu untuk membaca, kemudian diberikan kesempatan untuk bercerita tentang cita-cita masing-masing.

 

 

Pada minggu terakhir, kita mempelajari Anggota Tubuh & Matematika. Kami menyediakan beberapa properti selain buku, seperti gambar-gambar anggota tubuh yang dapat disusun serta flash card matematika untuk memudahkan pembelajaran. Selanjutnya kita mengadakan tebak-tebakan. Dan minggu terakhir ini pun ditutup dengan menempelkan tangan dengan cat dan membuat karya seni bersama.


Harapannya, acara ini dapat berjalan terus selamanya serta ekspansi ke daerah-daerah lainnya agar lebih banyak anak-anak yang dapat berpartisipasi. Kami juga mengharapkan nantinya dapat berkerjasama dengan berbagai komunitas untuk membantu lebih lancarnya acara ini berjalan.