Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

TEKNOLOGI KINECT, KENALKAN PAKAIAN ADAT DENGAN TAMPILAN MENARIK

             Pakaian adat adalah salah satu dari sekian banyaknya warisan budaya di Indonesia yang hingga kini masih terus dipertahankan. Sejak bersekolah dasar kita telah dikenalkan dengan pakaian adat melalui gambar di dalam buku atau sebuah poster.  Pakaian adat Indonesia begitu beragam, karena setiap provinsi memiliki 1 pakaian adat daerahnya, jumlah pakaian adat sama dengan jumlah provinsi Indonesia yakni sebanyak 34 pakaian adat. Pakaian adat ini merupakan pakaian resmi dan khas yang mencirikan setiap daerahnya.

            Sayangnya seiring perkembangan zaman, anak-anak kini lebih tertarik bermain game dengan gadget mereka. Ketertarikan anak-anak pada game yang teknologi digital tersebut terus memudarkan minat mereka untuk belajar serta mengenal kebudayaan Indonesia. Padahal dengan keberagamannya pakaian adat menjadi salah satu harta Indonesia yang amat berharga. Pentingnya bagi generasi muda untuk mengenal dan terus mempertahankan kebudayaan Indonesia, membuat sekelompok orang menciptakan sarana pengenalan pakaian adat Indonesia dengan cara yang lebih menarik dan inovatif. Hasil pengembangan ide mereka akhirnya terealisasikan dalam bentuk aplikasi berbasis android dengan Teknologi Kinect.

 

Tampilan Simulasi Pakaian Adat

              Teknologi Kinect ini sendiri merupakan hal yang baru pada penerapan pembelajaran. Teknologi ini memanfaatkan sensor gerakan yang ditangkap melalui kamera, sehingga penggunaannya akan sangat mudah. Penggunaan teknologi ini untuk pengenalan pakaian adat dilakukan dengan membuat pengguna seakan-akan sedang memakai pakaian adat, tentunya akan sangat menarik untuk dicoba terutama bagi siswa sekolah dasar. Hal tersebut tentunya menjadi tujuan utama dikembangkannya teknologi pembelajaran ini.

                  Teknologi Kinect menampilkan pakaian adat seolah sedang dipakai oleh pengguna. Tidak hanya memuat satu atau dua jenis pakaian adat, tetapi telah memuat keseluruhan pakaian adat yang ada di seluruh provinsi di Indonesia. Simulasi pakaian adat yang disediakan juga cukup lengkap karena terdapat pilihan karakter pakaian untuk jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Tidak hanya itu, dengan teknolgi ini menampilkan pakaian adat dalam permodelan 3 dimensi yang bahkan penggunanya dapat menyesuaikan ukuran dari pakaian adat yang ingin ditampilkan pada layar smartphone.

            Tidak hanya menampilkan pakaian adat saja, teknologi ini juga memberikan hal yang lebih loh. Pengguna aplikasi ini tentunya dapat mengetahui juga nih nama dan tampilan dari rumah adat, senjata, serta tarian tradisional dari suku dan provinsi yang ada di seluruh Indonesia.


Tampilan Rumah Adat, Senjata dan Tarian Tradisional

          Tampilan dan kualitas gambar yang disediakan juga dengan resolusi yang cukup baik sehingga dapat terlihat jelas karakter serta ciri khas dari keberagaman budaya di Indonesia. Sangat penting bagi anak-anak untuk sedari dini mengenal kebudayaan Indonesia, tidak hanya pakaian adat, tentunya seluruh kebudayaan yang menjadi warisan pendahulu kita merupakan hal yang harus dijaga. Terlebih lagi, saat ini keberagaman budaya Indonesia mulai pudar dan tertutupi dengan adanya perkembangan di era moderenisasi. Beragam pakaian adat dengan gaya dan nuansa lebih modern telah banyak dikembangkan, sehingga dikhawatirkan ciri khas asli dari pakaian adat tersebut malah terlupakan. Oleh karenanya berbagai inovasi dilakukan, salah satunya dengan teknologi Kinect ini untuk mengenalkan padaian adat asli dari beragam suku. Ayo ajak anak negeri untuk mengenal pakaian adat dengan menggunakan teknologi Kinect. Perkembangan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan minat generasi muda untuk terus mengenal dan mempertahankan kebudayaan yang dimiliki tanah air kita.

Referensi :

http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/scan/article/view/602

http://jurnalti.polinema.ac.id/index.php/SIAP/article/view/101/99

https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2813

Sumber Gambar :

https://images.app.goo.gl/RuF9i2vGmoqC2Rhq9

https://www.youtube.com/watch?v=I-tfbpseQzg

Enri bayo harahap