AIESEC

Impact Circle 2022 #YOUthfor5ociety: Essential Skills to face Society 5.0

Impact Circle merupakan sebuah acara yang diadakan oleh AIESEC in Indonesia yang bertujuan memberi wadah bagi kalangan muda untuk berdiskusi mengenai berbagai macam topik seputar Sustainable Development Goals atau SDGs, sebuah bagian dari The 2030 Agenda for Sustainable Development yang disetujui oleh negara-negara anggota PBB pada tahun 2015 lalu dan secara keseluruhan terdiri dari 17 Sustainable Development Goals. Impact Circle membahas bagaimana perkembangan dari SDGs tersebut, dan bagaimana implementasi SDGs tersebut di Indonesia. Untuk memfasilitasi diskusi-diskusi tersebut, Impact Circle akan mengundang narasumber yang ahli dalam bidangnya untuk berbagi wawasan mengenai SDGs yang terpilih untuk dijadikan tema acara.

Seiring dengan perkembangan zaman, kita dapat melihat perubahan yang mulai terjadi di sekeliling kita, mulai dari perubahan yang sesederhana cara berpakaian, cara berbicara, hingga perubahan yang semakin jelas seperti perubahan cara kita bekerja dan menghasilkan uang, dan cara kita beradaptasi dengan kehidupan dalam skala jangka panjang. Dalam Impact Circle kali ini, AIESEC in BINUS mengangkat tema Society 5.0 yang mengkategorikan perubahan tersebut dalam siklus yang jelas. Society 5.0 adalah sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, dan kami mengangkat topik ini dengan harapan menyebarkan kesadaran kepada masyarakat mengenai perubahan-perubahan tersebut. Tema Impact Circle 2022 kami adalah “Essential Skills to face Society 5.0” dengan hashtag campaign #YOUthfor5ociety, berlangsung pada hari Jumat, tanggal 20 Mei 2022 melalui Zoom. Acara ini disambut oleh lebih dari 400+ partisipan yang berasal dari kota-kota di seluruh Indonesia, di antaranya Jakarta, Bekasi, Lampung, Bangka Belitung, Palembang, Manado, Malang, Semarang, Sumatera Utara, dan masih banyak lagi.

Diiringi oleh Master of Ceremony (MC) Rabi Virgi Arafat, Impact Circle 2022 dimulai dengan kata sambutan dari Organizing Committee President, Riellvriany Indriawan, dan dilanjutkan dengan perkenalan moderator Aisha Candra Kusumaputri,  yang dilanjutkan ke sesi pertama, yang dibawakan oleh Daniella Elizabeth Yuliana, seorang Business Development Manager pada PT. ELO Indonesia. Pada sesi pertama, Daniella  memberi pengenalan dan latar belakang mengenai keberadaan society 5.0 dalam kehidupan sehari-hari. Sesi ini bersifat interaksi 1 arah dan dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab melalui website Slidoo, pertanyaan-pertanyaan seputar keberadaan dan masuknya society 5.0 ke Indonesia juga dijawab dengan lancar oleh Daniella dan pertanyaan yang belum sempat terjawab karena keterbatasan waktu, dijawab langsung oleh Daniella melalui websitenya. Dalam sesi kali ini, partisipan diajak masuk ke dalam sejarah keberadaan hierarki Society yang ternyata telah ada  sejak lama. Tidak hanya itu, Daniella juga berbagi beberapa tips menghadapi perubahan tersebut dan menceritakan sedikit pengalamannya dalam ranah tersebut.

Sesi kedua merupakan sesi yang dibawakan oleh Teddy Diego Sulu, Seorang Career Coach yang membangun namanya di Instagram dan LinkedIn, Beliau terkenal atas kelihaiannya dalam mensurvey CV dengan hasil kelulusan yang tinggi serta menjadi konsultan bisnis yang terkenal. Pada sesi Discussion, Teddy berbagi perjalanan dan pengalaman pribadinya, di mana ia membahas lebih dalam lagi mengenai pentingnya memiliki social media branding dan digital CV yang relevan di masa ini. Pada sesi ini, Teddy menjelaskan juga bagaimana proses pemilihan cv yang umum digunakan oleh perusahaan, dan cara membangun personal branding yang lihai, bagaimana juga cara membangun image khusus untuk mencapai target tertentu serta bagaimana menjaga agar apa yang kita bangun dan sesuai dengan cara kita menjalankan kehidupan sehari-hari, beliau juga sangat menekankan esensi kejujuran dalam pencarian pekerjaan dan menjawab beberapa pertanyaan peserta sesi dengan sangat baik yang ditanyakan menggunakan website slidoo, dan untuk pertanyaan yang tidak sempat terjawab karena keterbatasan waktu, dijawab langsung oleh Teddy melalui website Slidoo.  

Selesainya sesi kedua ditutup dengan dokumentasi dengan pembicara dan sedikit ice-breaking berupa permainan Kahoot! Yang berisi 10 pertanyaan mengenai topik yang telah dan akan dibawakan, serta pertanyaan pengecoh yang tidak kalah menarik. Dalam game ini,  diambil 2 orang pemenang teratas untuk mendapatkan saldo e-wallet pilihan.

Pada sesi ketiga, yaitu sesi Data Analyst : Skills of the future, yang dibawakan oleh Izza Hasanul Muna, Seorang Data Scientist di PT Telkom Indonesia. Beliau memberikan Insight dalam lingkup ruang pekerjaannya, Informasi yang diberikan sangatlah rinci, dimulai dari jurusan apa yang harus diambil, pembelajaran apa yang akan diterima dan cabang-cabang pengetahuan yang memiliki kaitan dengan data analyst itu sendiri, jenis job-desc yang datang seiringan dengan pekerjaan yang dipilih,, jenis skill  yang harus dimiliki, sampai ekspektasi gaji yang bisa diharapkan. Semua penjelasan dipaparkan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam sehingga membuat waktu pemberian materi terasa singkat, beberapa peserta mencoba mengajukan pertanyaan ketika sesi melalui kolom komentar, yang selanjutnya diarahkan oleh modrator untuk memasukan pertanyaan tersebut kedalam website slidoo. Pertanyaan yang diterima berjumlah cukup banyak dan para partisipan menyampaikan antusiasmenya dengan sangat jelas, Izza menjawab beberapa pertanyaan yang memiliki vote terbanyak dan menjelaskan pertanyaan sisanya dalam kolom jawaban di website tersebut. 

Acara Impact Circle kemudian ditutup dengan acara dokumentasi foto dan emcee memberi pengumuman mengenai Call to Action yang harus dilakukan oleh peserta dan dikumpulkan ke drive yang telah disediakan oleh panitia, dan mengisi exit forms dan satisfaction survey yang tersedia di layar (qr code) atau link di kolom komentar.