AIESEC

Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A) AIESEC in BINUS 2022

Dalam menyambut era baru AIESEC in BINUS, di tanggal 19 Februari 2022 kami menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A) dan Youth Leadership Summit AIESEC 2022. Dalam penyelenggaraannya, sesi ini ditujukan kepada para anggota baru AIESEC in BINUS agar mereka mengetahui apa saja prinsip-prinsip yang harus ditekuni sebagai anggota AIESEC. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka agar dapat menjadi pemimpin yang memberikan dampak positif kepada dunia yang semakin kompleks. Dengan jumlah peserta lebih dari 100 mahasiswa, acara ini diselenggarakan dengan materi yang padat serta interaktif, ditambah dengan permainan yang dapat membangkitkan jiwa kepemimpinan mereka.

Pada sesi LDK ini, kami mengangkat materi yang sangat penting untuk ditanamkan dalam jiwa pemimpin terutama seorang AIESEC-er. Pembukaan sesi dimulai oleh MC yang kemudian di lanjutkan dengan sesi materi oleh fasilitator. Sebagai materi pembuka, LDK kali ini mengangkat materi “AIESEC 2025” yang dibawakan oleh President of AIESEC in BINUS yaitu Sabina Maritza Alva Putri, dimana peserta mengetahui rencana, visi, serta misi AIESEC hingga tahun 2025 agar dapat mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). Dilanjutkan dengan sesi breakout room untuk mengetahui seberapa paham peserta LDK dengan materi AIESEC 2025. Untuk melengkapi materi formal sebelumnya, kami juga memberikan materi yang lebih umum yaitu “Discover My Journey as an AIESECer” yang dibawakan oleh Vice President of Finance, Governance, and Legality yaitu Sharlene Natalia. Dalam sesi tersebut kami membagikan pengalaman serta nilai-nilai yang kami dapatkan selama menjadi anggota AIESEC melalui kegiatan-kegiatannya. Lalu disambung dengan sesi “How to maximize your AIESEC experience?” yang dibawakan oleh Vice President of External Relations dan Vice President of Engagement with AIESEC yaitu Shannon Lyadi Wijaya dan Arsy Nur Dinarti. Dalam sesi tersebut dipenuhi dengan tips serta pengetahuan untuk para anggota baru AIESEC agar mereka dapat memaksimalkan pengalaman mereka ketika bekerja di AIESEC. Untuk melengkapi itu semua kami juga mengundang pembicara internasional yaitu Park Jiyeon yang berasal dari AIESEC in Singapore dengan topik “How to Manage Project Well”. Topik tersebut merangkap segala tips dan trik untuk mengatur proyek secara baik. Sesi terakhir ditutup oleh “Functional Tour” dimana para Executive Board dari AIESEC in BINUS masuk ke dalam breakout room dan menjelaskan proker masing-masing divisi.

Setelah kelima sesi diatas selesai dibawakan, acara LDK-A ditutup dengan beberapa kalimat penyemangat dari President of AIESEC in BINUS dan MC. Mengingat antusiasme dari aktivis dan pengurus sangat besar, kami mengadakan sharing session dengan menanyakan apa yang mereka dapatkan melalui acara ini. Dengan antusiasme dan semangat yang besar dari aktivis dan pengurus AIESEC in BINUS, kami mengakhiri dengan dokumentasi seluruh peserta.