Content Marketing
Image Source: https://panduanim.com/content-marketing/
Content marketing itu adalah sebuah teknik pemasaran online dengan mendistribusikan konten yang relevan dan konsisten kepada audiens. Ketika menjalankan content marketing, Anda harus dapat menyediakan konten yang bermanfaat bagi audiens untuk membantu mereka memecahkan masalah.
Berbeda dengan promosi secara umum, konten yang dibuat akan memberikan value ke audiens, alih-alih meminta mereka langsung membeli produk. Dengan strategi ini, Anda bisa membuat audiens berubah menjadi pelanggan Anda dengan hubungan yang baik.
Inilah, content marketing dapat berjalan dengan baik berkat sejumlah elemen pendukung sebagai berikut :
- Target Audiens yang ditetapkan : Dalam konten marketing, demografi target audiens harus ditetapkan. Seperti kelompok usia, lokasi, pekerjaan. Dengan adanya data tersebut, pelaku konten marketing dapat mengembangkan kampanye pemasaran konten yang efektif.
- Memiliki Goals yang jelas dan Terukur : Tujuan promosi bisnis bukanlah sekedar mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan, tapi juga membangun brand awareness pelanggan dengan baik.
- Keragaman Konten : Pembuatan konten yang beragam akan menjangkau lebih banyak audiens. Misalnya, membuat konten blog untuk yang suka membaca, dan konten visual untuk pengguna sosial media.
- Konsisten : Distribusi konten pemasaran sebaiknya dilakukan secara konsisten, baik dari sisi waktu maupun pesan yang disampaikan. Hal ini bertujuan agar audiens kenal dengan brand yang produk yang ditawarkannya.
- Penentuan Platfrom Pemasaran yang Tepat : Mengenali platform pemasaran yang tepat akan membuat konten promosi sampai ke audiens dengan baik. Contohnya, untuk produk yang menonjolkan visual, instagram tentu lebih cocok dibandingkan dengan Twitter.
Contoh-contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk mengupload atau dapat membuat sebuah konten marketing adalah seperti aplikasi Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok, Shopee, Tokopedia.
Tujuan dari konten marketing adalah mendatangkan banyak pelanggan, untuk investasi jangka panjang, Meningkatkan Kepercayaan Audiens, Meningkatkan Brand Awareness, Meningkatkan Traffic.
Apa saja jenis – jenis content Marketing ?
- Media sosial
- Infografis
- Blog
- Podcast
- Video
- Ebook
- Paid Ad
7 strategi konten marketing yang bisa diterapkan agar berjalan dengan baik :
- Tetapkan Misi dan Goals
- Memposisikan Brand Anda menjadi yang terbaik
- Tetapkan anggaran
- Buat kalender konten
- Identifikasi sumber daya
- Buat konten sesuai dengan rencana
- Analisi dan ukur hasilnya
Contoh gambar iklan konten marketing di bawah ini :
Refrensi :
- https://www.gramedia.com/literasi/content-creator/?srsltid=AfmBOorN5ZANix_jueeE61-92adSFExRuJAf2YbVcfs_Gml2bze54Q1B
- https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-content-creator/
- https://blog.skillacademy.com/apa-itu-content-creator