Teknologi AI Dalam Pemasaran Digital

Image By Inditech 

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan merupakan kemampuan sistem komputer digunakan untuk membantu pekerjaan-pekerjaan manusia yang membutuhkan kecerdasan. AI dapat berguna untuk memproses bahasa alami, mengenal pola, mengambil keputusan, dan machine learning.

Ketika melakukan pemasaran digital, AI banyak digunakan sebagai pengotomatis pekerjaan-pekerjaan yang memakan waktu dan berulang-ulang. AI juga dapat dipakai sebagai penganalisis data agar bisa memperoleh wawasan mengenai preferensi dan perilaku pelaggan.

AI sebagai teknologi yang didesain untuk memudahkan aktivitas harian, juga memberikan banyak manfaat dalam pemasaran digital. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat disediakan oleh AI dalam konteks pemasaran digital.

  1. Melakukan personalisasi dalam dimensi besar

AI berkemampuan untuk menyediakan pengalaman-pengalaman personal kepada konsumen. AI dapat melakukan analisis mengenai apa yang dilakukan pelanggan, atau dengan kata lain perilaku konsumen. Sehingga konsumen akan merasa adanya keterlibatan dengan setiap interaksi karena perilaku yang telah dipelajari oleh AI.

  1. Melakukan analisis sesuai dengan algoritma

AI dapat melakukan analisis prediktif dengan mengidentifikasi data historis dan dapat memprediksi tren yang akan datang. Dengan ini, AI dapat berkontribusi dalam pembuatan atau pengambilan keputusan untuk optimalisasi strategi-strategi.

  1. Chatbots

Salah satu teknologi AI, yaitu Chatbots, dapat melakukan interaksi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar atau berulang. Chatbots juga dapat menjawab pertanyaan tersebut secara langsung (real-time), sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama bagi konsumen untuk mendapatkan informasi dasar.

Netflix merupakan salah satu contoh perusahaan yang menggunakan AI dalam aktivitas pemasaran digital. Netflix memanfaatkan AI untuk memahami setiap gerak-gerak konsumen dan mempelajari apa preferensi dan perilaku konsumen. Dengan AI, Netflix dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi tontonan sesuai dengan jejak konsumen tersebut.

Di zaman sekarang dan yang akan datang, teknologi AI akan terus memainkan peran yang penting dalam pemasaran digital. Perusahaan yang mengimplementasikan dan memanfaatkan kemampuan teknologi AI akan mencapai posisi yang lebih baik dan mampu bertanding dengan kompetitor serta memperoleh kesuksesan.

Referensi:

https://mm.untag-sby.ac.id/web/beritadetail/bagaimana-ai-merubah-lanskap-social-marketing-.html

 

Felycia Therio