Yuk, Mengenal Strategi Marketing Mix
Halo Imers! yuk kita bahas mengenai marketing mix ^^
Marketing mix adalah kombinasi berbagai faktor yang dapat dikontrol oleh suatu perusahaan
untuk mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk. Strategi ini diperkenalkan pertama
kali oleh Neil Borden pada tahun 1964 yang terinspirasi dari gagasan James Cullington.
Menurutnya, terdapat banyak komponen yang ada di dalam bisnis. Komponen – komponen
tersebut perlu dipilih dan dicampur secara tepat untuk menghasilkan bisnis yang berkualitas.
Kemudian, Jerome McCarthy menyempurnakan menjadi beberapa elemen yang dikenal dengan
4P, yaitu product, price, promotion, dan place. Seiring dengan perkembangan zaman, Zeithaml
dan Bitner dalam Hurriyati (2010:49) menambahkan beberapa elemen, yaitu people, physical
evidence, dan prosess yang sekarang dikenal dengan 7P. Elemen – elemen yang ada di dalam
marketing mix menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Satu elemen dengan elemen
lainnya saling berkaitan dan dapat dikendalikan secara terukur oleh pimpinan perusahaan dengan
target mencapai tujuan pemasaran. Berikut ketujuh elemen yang terdapat di strategi marketing
mix :
-Product
Product (produk) mengacu pada barang apa yang dapat dijual oleh perusahaan kepada
konsumen. Penting untuk memahami keinginan dan kebutuhan pasar sehingga perusahaan dapat
menyediakan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen.
-Price
Price (harga) mengacu pada nilai yang diberikan untuk suatu produk. Dalam menentukan harga
untuk suatu produk, perusahaan perlu menghitung berdasarkan modal, biaya produksi, dan
keuntungan beberapa persen.
-Promotion
Promotion (promosi) mengacu pada semua kegiatan yang dilakukan untuk menjadikan produk
atau layanan dikenal oleh konsumen. Hal yang dapat dilakukan seperti iklan melalui surat kabar,
brosur, spanduk dan social media.
-Place
Place (tempat) mengacu pada lokasi usaha. Pemilihan tempat yang tepat akan menarik perhatian
konsumen dan membuatnya mudah dalam melakukan pembelian secara efisien dan efektif.
Semakin strategis posisi tempat, maka semakin besar pula peluang keuntungan yang akan
diperoleh.
-People
People (orang) mengacu pada sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang berkualitas
menjadi hal yang sangat penting dalam membantu perusahaan untuk proses pemasaran karena
merekalah yang berperan aktif dalam menawarkan produk atau layanan kepada konsumen.
-Physical Evidence
Physical evidence mengacu pada perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha yang
menghasilkan produk atau layanan yang berkualitas. Fasilitas – fasilitas yang digunakan menjadi
hal yang sangat penting dalam membantu perusahaan untuk proses pemasaran karena
mendukung memajukan kegiatan pemasaran itu sendiri. Contohnya, fasilitas gedung, fasilitas
produksi, fasilitas penjualan, dan lain – lain.
-Process
Process (proses) mengacu pada semua kegiatan yang berperan di dalam berjalannya suatu usaha
untuk melayani konsumen. Proses menjadi hal yang sangat penting dalam membantu perusahaan
untuk proses pemasaran karena menunjukkan bagaimana proses bisnis dapat berjalan dengan
baik pada perusahaan. Contohnya, mulai dari proses pemesanan sampai proses produk atau
layanan sampai ke konsumen. Kemudahan konsumen dalam memperoleh produk atau layanan
akan membuat perusahaan memiliki nilai lebih di mata konsumen. Maka dari itu, diperlukan alur
proses kegiatan yang tersusun secara teratur.
Referensi :
– https://salamadian.com/bauran-pemasaran-marketing-mix-4p-7p/
– https://www.ekrut.com/media/marketing-mix-
adalah#:~:text=Apa%20itu%20marketing%20mix%3F&text=Marketing%20mix%20adalah%2
0serangkaian%20tindakan,dalam%20artikelnya%20pada%20tahun%201964.
– https://tumpi.id/bauran-pemasaran/
-Feature Photo : IlmuManajemenIndustri.com