Marketing isn’t All About Selling

HELLO IMERS!

1

Kali ini kita akan membahas Marketing isn’t All About Selling. Sebenarnya apa maksud pernyataan tersebut dan siapa yang memulainya. Awalanya Marketing isn’t All About Selling merupakan gerakan yang dibuat oleh Kak Ina Melati dan terus dilanjutkan oleh IMCB agar persepsi masyarakat mengenai marketing tidak disamakan dengan selling.

            Interview sekilas dengan Miss Ina Melati mengatakan beberapa hal berikut:

Marketing isn’t all about selling, banyak orang Indonesia salah paham  dengan menganggap bahwa marketing itu sama aja jualan barang. Orang Indonesia masih suka bilang, kuliah Marketing? Mau jadi sales? Kerangka berpikir mereka masih kurang tebuka bahwa marketing itu sebenarnya lebih luas bukan hanya selling saja.

Marketing itu bisa mencakup lebih luas dari piuh supplier di mana kita harus memiliki good relations an coordination dengan supplier kita. Ada juga Branding produk agar orang mengenal merk dan produk kita. Satu hal hal lagi misalnya, packaging yang berarti bagaimana produk dikemas dan mungkin fungsional untuk pembeli. Tentu tahap terakhir tetap merupakan selling, namun sebelum mencapai tahap itu ada banyak hal yang dilakukan dan dipertimbangkan terlebih dahulu.

Marketing sendiri membutuhkan strategi, strategi itu bila dilaksanakan denga baik akan meningkatkan jumlah sales dan customer. Namun marketing itu sendiri tidak hanya sales saja seperti yang dikatakan. Melainkan marketing itu membuat dapat menghasilkan customer value yang lebih baik dan orang merasa benefit yang diperoleh juga lebih wow. Jadi, jangan sekali-kali menanggap Marketing itu sam dengan Selling ya.

Cukup sekian dulu ya IMers, semoga ini menambah wawasan dan membuat pikiriannya menjadi lebih terbuka. Have a great Holiday!

Penulis : Matthew