Lima Air Terjun di Indonesia

Sumber daya alam di Indonesia sangatlah berlimpah ruah. Keindahan alamnya pun tak tertandingi dengan keindahan alam di negara-negara lainnya. Cukuplah kita sebagai warga negara Indonesia untuk berwisata di dalam negeri dan tetap melestarikannya. Banyak sekali tujuan wisata alam yang bertepatan di Indonesia. Salah satu tujuan wisata alam yang sangat indah untuk dikunjungi adalah air terjun. Namun, kira-kira air terjun apa yang wajib dikunjungi di Indonesia? Yuk simak artikel ini sampai tuntas.

1.Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa yang memiliki ketinggian 620 mdpl. Lokasi air terjun ini berada di daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan air terjun ini dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 dan melewati jalanan yang lumayan licin dan terjal. Konon katanya, air terjun ini adalah tempat meditasi terakhir Patih Gadjah Mada.

2.Air Terjun Sekumpul

Air terjun Sekumpul dapat ditemukan di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Tempat ini sangat indah sekali hingga tidak hanya terdapat turis lokal saja, tetapi ada juga turis asing yang datang berkunjung untuk menikmati keindahan alam ini. Sebelum masuk dan dapat menikmati keindahan alam ini, turis harus membayar tiket masuknya dulu. Biaya tiket untuk turis asing seharga Rp5.000,00 dan untuk turis lokal seharga Rp2.000,00 saja lohh. Namun, sebelum bisa menikmati keindahan alam ini, perlu berjuang untuk menuruni tangga yang curam dan melewati sungai yang setinggi paha orang dewasa. Setelah itu, pasti langsung terbayar deh susah payahnya dengan keindahan air terjun Sekumpul ini.

3.Air Terjun Cikanteh

 Di daerah Cikanteh, Sukabumi, Jawa Barat, kalian juga bisa menemukan tiga air terjun yang sangat keren sekaligus lho! Air terjun tingkat paling bawah bernama, Curug Sodong. Air terjun tingkat kedua bernama Curug Ngelai, dan yang tingkat paling tinggi bernama Curug Cikanteh. Wahh, pasti membuat kalian pada ingin pergi ke sana nih. 

Harga tiket masuk ke air terjun tiga tingkat ini sejumlah Rp3.000,00 aja lohh. Pastinya pas banget di dompet. Sebelum bisa melihat pemandangan yang sangat keren dan asri ini, kalian harus melewati jalanan pedesaan yang sempit. Kendaraan dapat diparkirkan di dekat air terjun tingkat paling bawah. Untuk pergi ke air terjun tingkat lainnya, turis hanya perlu berjalan sekitar 10 menit, langsung sampai dan bisa mengambil foto yang keren-keren tuhh.

4.Air Terjun Coban Pelangi

Kalau kalian ke Malang, jangan lupa untuk mampir ke air terjun satu ini yang tak kalah indahnya dengan air terjun lainnya yang ada di Indonesia. Ya, betul sekali ini adalah air terjun Coban Pelangi yang sangat fenomenal ini. Rupanya, turis bisa melihat pelangi yang tampak di sekitar air terjun Coban Pelangi lohh. Namun, ada waktu khususnya nih agar bisa melihat pelanginya secara jelas. Datanglah pukul 10.00 hingga 14.00 WIB, karena posisi matahari masih sudah cukup tinggi sehingga akan memantulkan sinar pada air di sekitar air terjun dan membuatnya tampak berwarna-warni seperti pelangi.

 5.Air Terjun Benang Kelambu

Beralih ke Lombok, ada salah satu air terjun terfenomenal yang berlokasi di kaki Gunung Rinjani, yaitu air terjun Benang Kelambu. Dikelilingi dengan pohon gambung yang rimbun, udara di kawasan ini begitu sejuk. Cocok buat kamu yang ingin relaksasi. 

Air terjun ini diberi nama kelambu karena air yang jatuh berasal dari sela-sela pohon gambung dengan total ada 6 titik air. Selain itu, masyarakat setempat mempercayai bahwa siapapun yang mandi di air terjun Benang Kelambu dapat menjadi lebih awet muda lohh. Wahh, sangat menarik bukan? Tertarik untuk berkunjung?

Berikut adalah artikel mengenai 5 air terjun yang terletak di Indonesia dan wajib dikunjungi nih. Sangat menawan bukan alam Indonesia yang kita cintai ini. Pastinya akan sangat asik bila kita bisa berlibur ke salah satu spot air terjun yang ada di Indonesia. Apakah sudah ada yang dimasukkan ke daftar list spot berwisata?