Papua Memiliki Keindahan Alam Seperti Berada di Surga!

Indonesia memiliki 5.707 pulau yang tersebar, pulau-pulau tersebut tentu sudah memiliki nama dan telah diverifikasi. Pulau yang ada di Indonesia diselimuti oleh keindahan alam di dalamnya, banyak sekali wisata alam yang sangat indah dan juga menarik. Salah satunya adalah Papua. Pulau Papua yang terletak diujung Nusantara tepatnya bagian timur Nusantara. Papua memiliki begitu besar keindahan alam di dalamnya yang sangat mempesona. Berikut tempat wisata yang dipenuhi oleh keindahan dan keunikan alam dari Papua.

  1. Raja Ampat

Tempat wisata yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya di Papua yang pertama adalah Raja Ampat. Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Papua bagian Barat ini sangat terkenal oleh julukannya yaitu “tambang emas” bagi para orang-orang yang sangat suka berpetualang. Untuk para penyelam baik itu dari dalam maupun luar Indonesia, Raja Ampat mendapatkan julukan sebagai surga yang tidak dapat dideskripsikan oleh sebatas kata-kata.

Raja Ampat juga memiliki beberapa pulau utama yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati dan Pulau Misool. Sehingga untuk para wisatawan, Raja Ampat menjadi salah satu destinasi terbaik Ketika berlibur di Papua. Terlebih lagi untuk para penyelam, dikarenakan menurut laporan badan konservasi International berkata jika perairan Raja Ampat memiliki special laut yang sangat dominan di seluruh dunia yaitu sekitar 75%. Para wisatawan khususnya para penyelam disarankan untuk mengunjungi Raja Ampat ketika cuacanya sedang sangat cerah ketika akhir tahun. Hal ini membantu para wisatawan khususnya para penyelam agar dapat melihat makhluk hidup di bawah laut dengan jelas.

2. Gunung Jayawijaya

Keindahan alam di Papua yang tidak mungkin ditolak adalah Gunung Jayawijaya. Gunung Jayawijaya terletak pada Provinsi Papua yang sangat luas hingga negara tetangga yaitu Papua Nugini. Gunung ini juga dijuluki sebagai atap pelindung Indonesia atau dikenal Gunung Cartenz Pyramid. Keindahan yang dimiliki oleh Gunung ini salah satunya adalah memiliki salju. Seperti yang sudah diketahui, Indonesia merupakan negara topis yang mana sangat mustahil jika memiliki salju. Tetapi semua itu dibantah dengan fakta bahwa Gunung ini memiliki salju yang berada di puncaknya. Salju yang menyelimuti puncak gunung adalah suatu fenomena alam yang mengejutkan sekaligus mengasyikkan dan Gunung ini disebut sebagai salju abadi yang menjadikannya salah satu tujuan hiking paling luar biasa untuk para wisatawan di mancanegara.

Puncak tertinggi Gunung Jayawijaya masuk dalam tujuh puncak didunia yang terindah di dunia, hal ini membuktikan bahwa pegunungan ini masuk dalam Kawasan Taman Nasional Laurentz.

3.Lembah Baliem

Lembah Baliem terletak pada Kabupaten Jayawijaya Papua yang mempunyai ketinggian sekitar 1.650 diatas permukaan laut. Lembah ini menjadi destinasi wisata yang sangat disukai oleh wisatawan asing yang menyukai wisata berjalan kaki atau biasa disebut trekking. Biasanya trekking dapat memberikan rasa kenikmatan dan memanjakan mata para wisatawan guna mengeksplor Lembah ini. Untuk trekking di Lembah ini, para wisatawan akan dibantu oleh para pemandu wisata dari biro perjalanan dan ditemani oleh orang asli setempat. Keunikan yang dimiliki oleh Lembah Baliem salah satunya adalah caranya mengukur jarak dengan hitungan jam perjalanan kaki.

Cuaca di Lembah Baliem tentu sangat bagus dan menyenangkan terlebih lagi daerah tersebut adalah daerah pegunungan. Tetapi cuaca juga dapat sedikit dingin apabila berada pada suhu 10-15 derajat Celcius. Lembah Baliem dihuni oleh tiga suku yaitu Suku Dani, Suku Lani dan Suku Yali. Sehingga di Lembah ini terdapat Festival Lembah Baliem yang merupakan atraksi drama perang antar suku (Suku Dani, Suku Lani dan Suku Yali) pertahunnya yang diadakan pada bulan Agustus selama tiga hari menjelang perayaan kemerdekaan Indonesia. Festival ini menunjukkan tradisionalisme yang menampilkan adegan-adegan sejarah peperangan etnis yang terjadi pada masa lalu. Atraksi ini mempunyai makna yang positif untuk para masyarakat di Lembah Baliem yaitu “harapan akan hari esok yang harus lebih baik dari hari ini.” Acara festival ini menarik perhatian para wisatawan lokal dan dunia.

Referensi :

Bagoes, P. (2021). Memiliki Salju Abadi, Ini Fakta Unik Gunung Jayawijaya di Papua yang Memiliki Nama Lain ‘Puncak Cartenz’. GridKids. Papua: https://kids.grid.id/read/472579149/memiliki-salju-abadi-ini-fakta-unik-gunung-jayawijaya-di-papua-yang-memiliki-nama-lain-puncak-cartenz?page=all.

Jubi, A. (2019). Danau Sentani itu sangat unik, ini 10 faktanya! Jubi. Papua: https://jubi.co.id/danau-sentani-itu-sangat-unik-ini-10-faktanya/.

Komarudin. (2020). Keindahan Danau Sentani di Papua yang Kembali Menarik Perhatian. Liputan6. Papua: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4252497/keindahan-danau-sentani-di-papua-yang-kembali-menarik-perhatian.

Papua, P. P. (2016). Kepulauan Biak. Papua: https://www.papua.go.id/view-detail-berita-4203/kepulauan-biak.html.

Papua, P. P. (2016). Sekilas Papua. Papua: https://papua.go.id/view-detail-page-254/sekilas-papua-.html.

Rudi. (2021). Danau Paniai, Danau Terindah Di Dunia Di Tanah Papua. NativeIndonesia. Papua: https://www.nativeindonesia.com/danau-paniai/.

Sari, A. M. (2019). Plesiran ke Pulau Biak Papua? Inilah 8 Pantai Cantik yang Wajib Kamu Kunjungi. Tribun Papua. Papua: https://papua.tribunnews.com/2019/07/29/plesiran-ke-pulau-biak-papua-inilah-8-pantai-cantik-yang-wajib-kamu-kunjungi?page=all.

Setia, K. (2017). Menelusuri Pulau Biak bersama Karen Setia. Iradio. Papua: https://iradiofm.com/menelusuri-pulau-biak-bersama-karen-setia/.

Suroto, H. (2020). Ini Lembah Baliem Papua, Apa yang Ada di Sana? detikTravel. Papua: https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5269441/ini-lembah-baliem-papua-apa-yang-ada-di-sana.

Umaedah, U. (2021). 6 Fakta Lembah Baliem Papua yang Jarang Orang Tahu. Phinemo. Papua: https://phinemo.com/6-fakta-lembah-baliem-papua-yang-jarang-orang-tahu/.