Bukan hanya Bali, Berikut 6 Tempat Wisata Nusantara yang Mendunia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara dan menyimpan kekayaan alam dari Sabang sampai Merauke yang sangat menakjubkan. Selain kekayaan alam, Indonesia juga memiliki suku dan etnis yang tak tertandingi kerenn

ya untuk ditelusuri. Tidak heran kalau Indonesia sudah dikenal oleh masyarakat dari belahan dunia manapun akan kekayaan alam dan budayanya. 

Sebagai masyarakat Indonesia kita harus bangga karena Indonesia memiliki ribuan pulau yang fantastis dan tidak dapat ditemukan di tempat lainnya. 

Seluruh wisatawan mancanegara pasti setuju kalau Indonesia masuk dalam daftar negara yang harus dikunjungi. Hal itu membuat wisatawan mancanegara rela berbondong-bondong untuk menghabiskan waktu mereka berwisata ke Indonesia sekaligus menikmati keindahan alam yang tak kalah kerennya dari negara-negara lainnya. 

Eits, tapi bukan Bali aja loh yang memiliki tempat wisata yang fantastis dan menjadi tujuan wisata turis asing. Ada banyak tempat wisata di Indonesia lainnya yang sudah mendunia. Mau tau apa aja? Yuk kita sama-sama simak artikel berikut ini:

1.Raja Ampat

Gambar 1.1. Raja Ampat (agolf)

Raja Ampat merupakan objek wisata yang sudah banyak diperbincangkan dan dimasukkan pada daftar tempat yang ingin dikunjungi saat berlibur. Objek wisata ini berlokasi di Papua Barat terkenal dengan wisata bawah lautnya bak surga tersembunyi di bawah laut. Objek wisata ini memiliki empat pulau utama, yaitu Pulai Waigeo, Misool, Batanta, dan Salawati yang diambil dari nama raja menurut legenda

Berdasarkan laporan dari The Nature Concervancy and Concervation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di kepulauan Raja Ampat. 

Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang terpukau dengan keajaiban alam yang memukau ini. Selain menikmati pemandangan yang memukau, turis juga bisa melakukan banyak hal, seperti snorkeling, memancing, berfoto-foto ria, mendaki gunung, dan masih banyak hal lainnya yang dapat dilakukan.

2.Pulau Komodo

Gambar 1.2. Pulau Komodo (avalindovacation)

Pulau yang terletak di daerah Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu ini pulau yang berbeda dari pulau lainnya, karena terdapat satu spesies kadal raksasa yang hanya ditemukan hidup di Indonesia lho! Apakah itu? Ya, betul sekali. Komodo. Komodo telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Namun tidak hanya Komodo saja yang ada di pulau ini, setidaknya ada 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, 37 spesies reptil, dan 25 spesies hewan darat lainnya.

Di pulau ini, para turis dapat berjalan-jalan mengelilingi dan mengeksplorasi habitat Komodo, menikmati keindahan alam lainnya serta dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir yang berwarna pink. 

3.Gili Trawangan

Gambar 1.3. Gili Trawangan (Lombok Network)

Gili Trawangan adalah pulau kecil yang berada di pulau Lombok. Di pulau ini terdapat pantai pasir putih dengan gradasi air laut yang sangat jernih. Selain itu, keindahan terumbu karang dan koral laut yang masih alami dapat menyegarkan mata. Keindahan Gili Trawangan sangat sesuai dengan aktivitas scuba diving dan snorkeling. Jadi, untuk kalian yang suka melakukan penyelaman bawah laut, Gili Trawangan adalah pilihan yang tepat.

4.Gunung Bromo

Gambar 1.4. Gunung Bromo (tribunnewswiki)

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung merapi aktif yang masih menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal maupun asing. Wisatawan dapat berkuda dan mendaki gunung bromo untuk menikmati keindahan Gunung bromo yang sangat fantastis terlebih saat matahari terbit dan terbenam. Tidak heran banyak wisatawan dari mancanegara memasukan tempat wisata ini dalam bucket list mereka.  

5.Danau Toba

Gambar 1.5. Danau Toba (gurupendidikan)

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia dan masuk dalam daftar sepuluh danau terdalam di dunia. Danau ini dapat ditemukan di daerah Sumatera Utara, Medan. Di sekitar Danau Toba, wisatawan dapat menikmati pemandangan pegunungan yang indah dengan diselimuti oleh padang rumput yang hijau. 

6.Candi Borobudur

Gambar 1.6. Candi Borobudur (javatravel)

Candi Borobudur merupakan candi buddha yang dibangun di Magelang, Jawa Tengah pada masa kerajaan Mataram Kuno tahun 800an masehi. Di candi ini terdapat beberapa arca dan berbagai relief yang ada di candi ini menceritakan mengenai berbagai ajaran dalam agama Budha dan perjalanan hidup Sidharta Gautama hingga mencapai pencerahan sempurna

Candi ini telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia. Beberapa orang yang terkenal seperti Barack Obama, Mark Zuckerberg dan beberapa aktor hollywood lainnya pernah mengunjungi objek wisata ini.

Nah, itu adalah 6 tempat wisata nusantara yang mendunia. Bagaimana? Bangga bukan memiliki kekayaan alam yang menjadi objek wisata yang dikenal oleh masyarakat luar. Sekarang tugas kita sebagai masyarakat Indonesia adalah menjangannya dan melestarikan agar warisan tersebut dapat dilihat oleh anak dan cucu kita nantinya. 

Referensi:

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/12/01/keren-inilah-7-destinasi-wisata-indonesia-yang-mendunia

https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5264635/7-tempat-wisata-indonesia-yang-mendunia-bukan-cuma-bali

https://explorewisata.com/2018/01/tempat-wisata-indonesia.html 

Referensi Gambar:

https://www.javatravel.net/candi-borobudur

https://www.gurupendidikan.co.id/danau-toba/

https://www.tribunnewswiki.com/2019/07/07/gunung-bromo

https://www.lomboknetwork.net/lombok/gili-islands/gili-trawangan/

https://avalindovacation.com/paket-wisata/paket-wisata-pulau-komodo-3-hari-2-malam/

http://agolf.xyz/5-pulau-memikat-di-sekitar-raja-ampat/ 

Penulis: Evelyn Aurelia