Punya skill Marketing? Ini pekerjaan yang cocok dengan kamu!

Oleh : Fayza Malika Indira

Setelah membahas tentang apa itu marketing, konsep marketing, dan skill-skill yang harus dimiliki pembisnis, sekarang kita bahas tentang pekerjaan-pekerjaan yang cocok untuk kamu yang punya bakat di bidang marketing, Nih!

 

Ini bisa jadi referensi dan pertimbangan untuk kamu agar dapat menentukan pekerjaan dimasa depan, sekaligus menyiapkan dan meningkatkan skill marketing kamu agar lebih mantap dan professional!

 

  1. Influencer

 

Influencer ini mungkin gak asing lagi ya di telinga kalian!  Dengan pekerjaannya yang tak lepas dari berhubungan dengan masyarakat, Influencer ini berperan untuk membantu bisnis-bisnis diluar sana untuk memasarkan produk yang bekerjasama dengan mereka kepada masyarakat baik secara langsung ataupun lewat social media. Disini, Skill marketing influencer digunakan agar dapat meyakinkan customer untuk membeli produk dari usaha yang bekerjasama dengan influencer.

 

  1. Social Media Specialist

 

Sesuai dengan nama pekerjaannya, Seorang Social Media Specialist harus dapat menguasi tentang social media, terutama pada algoritma social media. Di era digitalisasi ini, Social media sudah menjadi tempat untuk berbagai macam kegiatan, salah satunya marketing. Berjualan disocial media harus dapat memahami strategi pemasaran yang cocok dan harus memiliki relasi yang luas agar dapat menguasai social media secara jelas untuk membantu proses pemasaran suatu perusahaan.

 

  1. Content Writer

 

Selain harus punya skill menulis yang baik, content writer juga harus memiliki skill marketing, lho! Zaman sekarang, seluruh bidang bisnis mulai memasuki berbagai macam platform social media untuk berjualan. Mulai dari Instagram, tiktok, Website, dan berbagai marketplace yang ada. Tugas Content Writer adalah menulis informasi dan fakta-fakta tentang suatu produk untuk mempromosikannya lewat social media. Tentu skill marketing tersebut sangat bermanfaat untuk menciptakan content yang menarik bagi masyarakat agar tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan.

 

  1. Manager / Account Executive

 

Biasanya Manager adalah pekerjaan yang harus memiliki skill komunikasi yang baik, karena manager bekerja untuk menjalin hubungan yang baik dalam kerja sama dengan klien-klien perusahaan. Dalam hal ini, manager harus selalu memikirkan keputusan terbaik agar keputusan yang diambil tidak merugikan kedua belah pihak. Untuk itu, manager juga harus memiliki skill marketing agar dapat mendiskusikan hal-hal demi terciptanya keputusan yang menghasilkan keuntungan untuk perusahaan.

 

  1. Copywriter

 

Berbeda dengan content writer yang menciptakan tulisan Panjang untuk mempromosikan suatu produk, copy writer justru bekerja untuk membuat tulisan pendek yang memiliki potensi untuk menarik customer. Skill marketing dan menulis dalam diri seorang copywriter ini harus penuh dengan kreatifitas dan menggunakan kata dan bahasa yang bersifat mengajak atau menarik untuk dibaca customer. Kalau kamu lihat suatu perusahan memiliki tagline yang menarik, Nah! Itu adalah hasil karya dari copywriter dalam pekerjaannya di bidang marketing.