Belajar Kunci Keberhasilan Setiap Startup

Di era digitalisasi sekarang, bisnis berbasis startup sudah mulai semakin marak di Indonesia. Para bebisnis startup pun mulai berbondong-bondong mempelajari cara bekerjanya dan membuat aplikasi digital yang sedang marak digunakan. Menurut laporan dari App Annie, salah satu perusahaan terpercaya yang menyampaikan informasi lebih dalam yang berfokus kepada mobile data analytics, ia melaporkan bahwa Indonesia berada di tingkat pertama dalam kategori pengguna aplikasi mobile paling aktif sedunia. Lama penggunaan aplikasi tersebut bisa mencapai 250 menit dalam satu hari. Dengan minimal setidaknya seseorang akan menggunakan minimal 10 aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Apa yang membuat seorang pengguna bisa loyal terhadap aplikasi tersebut? User experience bisa menjadi salah satu faktor utamanya. Dalam garis besar, user experience adalah bentuk kepuasan dari seorang pelanggan selama menggunakan aplikasi tersebut. Ini bisa terjadi karena aplikasi tersebut telah memenuhi standar yang dibutuhkan konsumen seperti bentuk fungsionalitas aplikasi, kemudahan dan kenyamanan pelanggan selama menggunakan, dan yang tak kalah penting ialah kinerja dari pihak brand yang memuaskan.

Dalam mengembangkan user experience yang baik, sebuah startup bisnis harus memposisikan diri mereka sebagai konsumen. Apa yang mereka butuhkan? Apa saja yang bisa dikembangkan? Apa saja yang bisa diperbaiki demi pelayanan yang lebih baik. Karena sebuah teknologi bisa melekat di dalam benak konsumen karena mereka memberi layanan terbaikĀ  dan mendekatkan diri layaknya sahabat bagi para konsumen. Komunikasi yang terjalin sempurna yang bisa menghasilkan user experience terbaik. Hal penting lainnya dalam mengembangkan user experience tidak hanya sekadar membantu secara fungsional aplikasi tapi memberi juga harus memberi sebuah impresi yang positif terhadap penggunanya sehingga loyalitas konsumen dapat tercapai. Disinilah bukti pentingnya sebuah bisnis startup memanifestasikan kolaborasi dari sebuah insinyur programmer dan kreatifitas dari team desain dalam membangun sebuah aplikasi yang berguna serta berwarna agar menarik.

Contoh aplikasi dengan user experience terbaik adalah fitur GoFood. GoFood adalah fitur aplikasi dari Gojek yang memberi layanan antar pesan makanan 24 jam terbesar di Indonesia. Dengan pelanggan mereka yang sudah mencapai 50 juta orang serta sudah bekerja sama dengan 125,000 merchant di berbagai kota di Indonesia. GoFood adalah bukti sukses dalam mengembangkan user experience yang sangat dekat di hati masyarakat. Memberi pelayanan yang cepat sampai di tujuan, layanan seperti rekomendasi makanan untuk hari ini (fitur smart recommendation), dan GoFood juga bisa mengidentifikasikan menu favorit diambil dari seberapa banyak menu itu di beli di dalam ordernya, dan banyak fitur menarik lainnya yang mempermudah konsumen dalam memesan makanan serta mitra yang melakukan kerjasama bersama GoFood.

vania