Tips Tetap Sehat Selama Musim Virus Covid-19

Akhir-akhir ini kita dilanda oleh fenomena virus Covid-19 yang sekarang sedang marak terjadi di Indonesia. Semakin hari jumlah kasus orang terdiagnosa positif Covid-19 semakin banyak. Sekarang di Indonesia sendiri sudah mencapai 790 kasus warga yang terkena dampak positif Covid-19, 58 orang yang meninggal dan 31 orang yang sembuh, menurut data pada tanggal 25 Maret 2020.

Untuk mencegah bertambahnya kasus positif Covid-19, tentunya kita harus mulai menerapkan hidup sehat mulai dari sekarang dan sampai seterusnya. Hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan agar kesehatan kita terjaga selama wabah virus ini masih merana adalah sebagai berikut:

1.Jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Virus Covid-19 dapat bertahan hidup di barang-barang sekitar kita paling lama dalam hitungan 4 hari. Oleh karena itu, kita harus sering-sering melakukan aksi cuci tangan minimal dalam waktu 20 detik agar virus dapat mati. Selain dengan mencuci tangan, ada cara yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan hand sanitizer atau tisu basah dikarenakan kandungan alkohol di dalamnya dapat membunuh kuman serta virus yang menempel di tangan kita. Serta jangan lupa untuk sering membersihkan area rumah dan area yang sering terkena paparan sentuhan tangan seperti gagang pintu, handphone dengan menggunakan disinfektan.

2. Jangan menyentuh bagian wajah

Karena virus tak dapat dilihat dengan kasat mata, jika virus menyentuh bagian wajah kita seperti mata, hidung, dsb. Maka virus itu menghinggap di dalam diri kita. Jika tidak diatasi dengan cepat, maka kita bisa terkena virus berbahaya tersebut.

3.Menjaga jarak dari orang sekitar (Social Distancing)

Virus bisa menghinggap di tubuh kita apabila kita ada kontak dekat (seperti jabat tangan) dengan orang yang terkena positif Covid-19 maupun yang termasuk ‘carrier’ Covid-19. Karena seseorang yang dianggap ‘carrier’ virus ini dapat menyebarkan virus itu ke siapapun meskipun ia terlihat sehat dan tidak mengalami gejala-gejala penyakit tersebut. Jadi harus waspada dan menjaga jarak dengan tinggal dirumah atau WFH (Work From Home), jaga jarak dengan orang minimal 1 meter lebih, hindari tempat-tempat keramaian seperti transportasi umum selama wabah ini masih ada.

4.Menjaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan bergizi

Penuhi asupan gizi yang seimbang sehingga sistem imun bisa kebal melawan virus ini. Makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral agar tubuh imun semakin kuat dan tidak gampang terkena sakit. Dampingi juga dengan asupan suplemen vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5.Gunakan masker apabila sedang sakit atau sedang berada di luar rumah

Masker digunakan untuk melindungi orang lain agar virus yang ada di dalam diri kita tidak tertular ke orang lain. Bagian dalam masker terdapat sistem filtrasi dimana kain tersebut dapat mencegah partikel virus, percikan batuk maupun bersin keluar. Bagian luar masker berguna agar partikel kecil diluar tidak masuk ke dalam.  Jadi apabila sedang sakit harus segara menggunakan masker untuk mengurangi penyebaran virus. Jika mengalami gejala Covid-19 segera pergi ke rumah sakit rujukan untuk Covid-19 agar pengobatan dari medis langsung bisa diberikan dan mengurangi dampak penyebaran virus.

6. Beretika saat bersin dan batuk

Untuk menghindari penyebaran virus lewat udara, tutupi daerah mulut dan hidung dengan tisu jangan menutupnya dengan tangan karena virus dapat menyebar lewat kontak sentuh tangan. Setelah bersin maupun batuk segera cuci tangan untuk mensterilkan diri agar tetap bersih.